418 Rutilahu Dapat Bantuan Perbaikan dari Pemkab Sergai

Share it:



Tanjung Beringin, JournalisNEWS.com - Meski tengah berjuang dalam proses percepatan penanganan pandemi Covid-19¸ perhatian dan kinerja Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk menuntaskan target di bidang lain tetap terjaga. Selain pembangunan infrastruktur jalan di banyak titik, Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. juga menaruh perhatian serius terhadap perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang ada di Kabupaten Sergai.

Hal ini disampaikan Bupati Darma Wijaya ketika memberikan sosialisasi kepada 68 penerima bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di stadion Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (1/7/2021).

“Pemkab Sergai ingin agar masalah Rutilahu di kabupeten kita ini bisa dituntaskan dan tidak bertambah tiap tahunnya. Makanya perlu aksi cepat dan sinergis untuk menangani urusan ini. Pasti tidak mudah, namun dengan upaya dan usaha yang signifikan, kami optimis hal ini bisa terealisasi,” ucapnya, sembari merinci jika bantuan ini berasal dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (300 unit), DAK (68 unit) dan dari Pemprov Sumut (50 unit), sehingga total bantuan 418 unit rumah.

Bupati juga menyebutkan, penanganan Rutilahu di Sergai sudah dimulai sejak 2017 hingga saat ini dan dari data yang ada total 1.226 Rutilahu warga yang telah diperbaiki. Bang Wiwiek, sapaan Darma Wijaya mengatakan, bantuan kali ini sifatnya stimulan, artinya dalam pelaksanaannya harus ada partisipasi aktif dari masyarakat dan juga dari pihak swasta. Hal ini, sebutnya, bertujuan agar semua pihak dapat ikut terlibat dan anggaran yang tersedia dapat direalisasikan dengan efektif.

“Kami minta kepada masyarakat penerima bantuan supaya memakai dana yang diberikan sesuai dengan peruntukannya, yaitu untuk perbaikan rumah yang tidak layak menjadi layak huni. Pemerintah pusat sendiri menaruh perhatian lebih terhadap Tanjung Beringin sebagai kecamatan yang memiliki area dengan status pulau terluar di nusantara, yaitu Pulau Berhala. Sehingga untuk itu, bantuan yang sangat bernilai ini benar-benar supaya dipakai dengan baik,” tandasnya.

Sebelumnya, Plt. Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, M.M. dalam laporannya merinci, tahun ini biaya yang dikucurkan sebesar 20 juta rupiah, terbagi kedalam biaya material 17,5 juta rupiah dan sisanya untuk upah renovasi.




Ia menambahkan, pengerjaan Rutilahu sifatnya kelompok, di mana jika ada salah satu rumah penerima bantuan tidak mampu menyelesaikan pengerjaan perbaikan, maka akan ditanggung oleh seluruh anggota kelompok. 

“Di Tanjung Beringin, yaitu di Desa Nagur dan Pematang Cermai masing-masing ada satu kelompok, sedangkan Desa Pematang Terang terdiri atas dua kelompok. Saat ini kami sudah mengusulkan perbaikan terhadap 800 unit Rutilahu untuk Tahun 2022,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Tanjung Beringin, Elmiati, S.A.P. menyampaikan terima kasih atas perhatian besar yang diberikan untuk daerahnya. “Sebelumnya juga, sudah dilaksanakan pembangunan terhadap infrastruktur jalan di Tanjung Beringin. Sekarang Bupati dan Wabup juga memberikan perhatian kepada warga dengan Rutilahu. Untuk selanjutnya, kami akan melaksanakan pemantauan terhadap proses pengerjaan Rutilahu ini dengan menjalin koordinasi bersama para Kepala Desa,” kata Elmiati.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian dua unit kursi roda oleh Bupati Sergai kepada warga setempat atas nama Hulman Nainggolan dan Surya Admaja. (Alfian Haris)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: