Untuk Membantu Menanggulangi Kekurangan Stok Darah Lantamal I Menyelenggarakan Donor Darah

Share it:


Belawan, JournalisNews.com -
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan bekerja sama dengan Instalasi Transfusi Darah RSUP. H. Adam Malik di Medan melaksanakan kegiatan "Donor Darah" bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah No.1 Belawan Rabu, (02/06/2021)


Kegiatan donor darah ini diikuti oleh 105 orang calon siswa Taruna/taruni Akademi TNI Angkatan Laut dan calon siswa Tamtama PK. Gel  I Th.2021 dan juga prajurit  TNI AL Lantamal I yang ingin mendonorkan darahnya  untuk membantu orang yang membutuhkan darah karena dalam keadaan sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I Belawan drg. Yeti Trianti, Sp  Ort. mengatakan kegiatan donor darah ini untuk membantu menambah stok darah di Instalasi Tranfusi Darah RSUP. H. Adam Malik yang semakin menipis karena situasi saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 dimana masyarakat takut untuk mendonorkan darahnya  sehingga stok darah yang ada semakin berkurang. Sementara kebutuhan darah pada pasien yang sedang sakit permintaan terus meningkat tajam di RSUP H. Adam Malik.

"Kerjasama ini sudah lama berlangsung antara Lantamal I dan RSUP H. Adam Malik secara berkesinambungan dilaksanakan apabila ada pelaksanaan rekrutmen penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Laut sekalian pemeriksaan darah lengkap untuk tes Kesehatan bagi calon siswa yang sedang mengikuti seleksi masuk TNI AL, " jelasnya.

Sementara itu Kepala Instalasi Transfusi Darah RSUP H. Adam Malik Dr. Ida Adhayanti Sp, pk melalui stafnya Natalina S.Si sangat berterimakasih kepada Lantamal I yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah karena sangat membantu menanggulangi kekurangan stok darah yang ada di RSUP H. Adam Malik pada saat ini dengan situasi Pandemi Covid-19 sudah lama tidak melaksanakan donor darah.

"Kami berterimakasih kepada pihak Lantamal I yang menyelenggarakan donor darah dan kami sepenuhnya sangat mendukung kegiatan ini karena sangat membantu sekali untuk menanggulangi kekurangan stok darah yang ada di RSUP H. Adam Malik," ujarnya.

Salah satu peserta donor darah atas nama  Rivan Hanafi umur 22 tahun alamat jalan Pancing 3 Martubung calon siswa Tamtama PK gelombang I T.A. 2021 memberi tanggapan sangat positif karena dapat membantu satu sama lain dengan darah yang disumbangkan melalui donor darah dalam hal kemanusiaan dan kami melakukan dengan iklas dan senang hati tidak ada keterpaksaan.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu calon siswa taruni atas nama Salma Pandutiara umur 20 tahun alamat jalan Marelan 7 gang Iro no.5 dengan memberi tanggapan sangat bagus karena dapat bermanfaat untuk orang yang sedang membutuhkan darah karena dalam keadaan sakit dan ini menyangkut hal kemanusian sehingga saya ikhlas dan sukarela melakukannya.

Pelaksanaan kegiatan donor darah dilakukan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun dan sebelum donor dilaksanakan pemeriksaan darah serta tensi pada pendonor.


Reporter,Abdul Halil
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: