Tradisi Upacara Kenaikan Pangkat,Prajurit Yonmarhanlan I Laksanakan Siraman Bunga Dan Terjun Ke Laut

Share it:


Belawan, JournalisNews.com -
Bertempat di Lapangan Apel Mako Yonmarhanlan I Jalan Serma Hanafiah No.1 Belawan,sebanyak 16 Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I mengikuti upacara tradisi kenaikan pangkat Periode 01-04-2021,Senin (12/04/21) siang. 


Prajurit yang naik pangkat yakni 1 orang prajurit Bintara tinggi Peltu Marinir Hairy Susandi mendapat penghargaan dinaikkan pangkatnya menjadi Letnan Dua beserta 7 orang Bintara dan 7 orang Tamtama. 


Dalam amanatnya Komandan Yonmarhanlan I Letkol (Mar) Farick M.Tr, Opsla mengatakan bahwa kenaikan pangkat bukan merupakan sesuatu yang mudah didapatkan oleh seorang prajurit, tetapi memerlukan perjuangan, kegigihan dan kesabaran yang sangat tinggi, Karena kenaikan pangkat ini tidak secara otomatis, melalui seleksi yang ketat, sehingga hanya orang-orang terbaik yang mendapatkan penghargaan untuk naik pangkat. Hanya prajurit yang telah menunjukkan prestasi, loyalitas dan dedikasi kerja  yang baik yang layak mendapat penghargaan dari negara berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Pangkat merupakan amanah yang harus dipikul oleh setiap Prajurit, karena semakin tinggi pangkat yang disandang maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus dipikul, jangan pernah berhenti berinovasi untuk satuan yang kita cintai dan banggakan ini.

"Saya menginginkan istri yang suaminya naik pangkat hadir dan melaksanakan tradisi siraman kepada suaminya yang naik pangkat. Kita sadari bahwa tidak ada suami yang sukses jika tanpa dukungan dari istri. Rumah tangga prajurit yang baik pasti dalam melaksanakan dinas pun pasti akan baik pula. Baik itu di level Perwira, Bintara dan Tamtama. Sehingga saya inginkan istri yang menyematkan pangkat baru dari suaminya. Dengan semakin tingginya pangkat mejadi koreski bagi diri kalian sudah pantaskah kita memakai pangkat tersebut. Sdh pantas memberi contoh yang baik kepada junior,"kata Danyonmarhanlan I. 


Masih kata Letkol (Mar) Farick,sekali lagi saya sampaikan mari jadikan kenaikan pangkat ini menjadi refleksi bagi diri kalian, sudah pantaskah kalian dengan pangkat sekarang. 

Diakhir amanat ini, Letkol (Mar) Farick dan Keluarga besar Yonmarhanlan I mengucapkan semoga dengan naik pangkat menjadi berkah dan selalu dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Pola tindak dan pola pikir lebih dewasa dalam mengambil keputusan  yang baik dan benar, ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh prajurit  yang telah menerima kenaikan pangkat Satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. 

Mengakhiri kegiatan tersebut, sudah menjadi tradisi Yonmarhanlan I, seluruh prajurit yang naik pangkat melakukan siraman bunga diceburkan ke laut di depan Mako Yonmarhanlan I sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Pasiops Yonmarhanlan I Mayor Marinir Santri Mada Seba Sitepu, Dankima Kapten Marinir Amriadi Lubis, Pasminlog Kapten Marinir Lontung Rumapea, Danrai Arhanud Kapten Marinir Asad,  Danton 1 Kompi A Letda Marinir Budi Sukardi dan Danton 2 Kompi A Letda Marinir Gunawan Sutantoro dan Istri prajurit yang naik pangkat.


(Abd Halil/BA Intel Yonmarhanlan I)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: