PSTD Budi Suci Indonesia Kota Tebing Tinggi Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Share it:



Tebing Tinggi, JournalisNews.com - Kegiatan bakti sosial donor darah ini sebagai wujud kepedulian pada sesama umat manusia yang  saling membutuhkan. Program Donor darah di lakukan oleh Perkumpulan Padepokan Pencak Silat Tenaga Dalam (PSTD) Budi Suci Indonesia. 

Dengan kantor Sekretariat Jalan Sakti Lubis No 15 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kota Kota Tebing Tinggi, yang sudah berizin legalitasnya, kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan PMI Tebing Tinggi Jalan Veteran Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial donor darah bagi para anggota PSTD Budi Suci Indonesia serta masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, kegiatan donor darah ini dilakukan di Lapangan Futsal Jalan Pringgan. Gang Jambu Dusun X Desa Paya Pinang. Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (4/4/21) pukul 09.00 Wib pagi.

Kegiatan bakti sosial Donor darah ini merupakan wujud kepedulian Perkumpulan Padepokan PSTD Budi Suci Indonesia Kota Tebing Tinggi terhadap sesama umat manusia yang membutuhkan; karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain. 

Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan kesukarelaan Perkumpulan Padepokan PSTD Budi Suci Indonesia dalam membantu sesama umat manusia yang membutuhkan darah. Pelaksana kegiatan donor darah ini dipimpin oleh Panitia Ketua PSTD Budi Suci Indonesia Zulkarnain SAg, SPdi.

Sambung Ketua Zulkarnain, turut serta membantu dalam hal ini melaksanakan bakti sosial donor darah, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H adapun kegiatan dari PSTD Budi Suci Indonesia Tebing Tinggi, ada beberapa hal kegiatan, yaitu Takbir Akbar dan punggahan untuk murid murid PSTD Budi Suci Indonesia insa allah dilaksanakan sore nanti pukul 14 00 Wib di rumah guru PSTD Budi Suci Indonesia. Pagi hari ini kegiatan bakti sosial donor darah.

Adapun manfaat donor darah tersebut salah satunya upaya sumbangsih masyarakat khususnya dari anggota anggota PSTD Budi Suci Indonesia dan umumnya masyarakat Tebing Tinggi dan Sedang Bedagai sekitarnya. 

Adapun mampaat Donor darah tersebut untuk membantu masyarakat Tebing Tinggi dalam hal penyaluran darah. Dalam hal ini sebagai  media kami penyaluran darah melalui PMI dalam kegiatan bakti sosial donor darah ini dipimpin oleh Ketua unit PMI dr Ade Syahputra Damanik, dibantu dengan tim medis dan anggota PMI. 

Lanjut Ketua PSTD BSI Zulkarnain SAg SPdi di pagi hari ini saya sebagai pengurus PSTD Budi Suci Indonesia Kota Tebing Tinggi dalam rangka bakti sosial donor darah, kami atas nama Perguruan PSTD Budi Suci Indonesia, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Muhamad Hazly Azhari S.TM.Sc Hasibuan, yaitu salah satu anggota DPRD di Kota Tebing Tinggi sekaligus merangkap Ketua PMI. 

Kemudian dari pada itu peserta yang terdaftar bakti sosial donor darah tercatat 40 peserta yang hadir pada Donor darah tersebut 24 satu dinyatakan kurang tidur sehingga tidak dapat mengikuti Donor darah, hasil yang didapat oleh peserta bakti sosial donor darah mendapatkan hasil 23 kantong darah. Adapun peserta dari beberapa daerah sekitar Kota Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai, apapun kegiatan dan tujuan bakti sosial donor darah atau Donasi, untuk membantu penambahan darah yang ada di Kota Tebing Tinggi, dalam rangka meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan, juga mutu dalam bekerja PMI. Selaku Ketua PSTD Budi Suci Indonesia mengucapkan ribuan terima kasih kepada PMI, dan juga parah pendonor darah. 

Pada dasarnya kegiatan ini tidak akan terlaksana kalau tidak ada' para donatur pendonor darah, dan ini salah satu bentuk IMPAK sedekah kita yang berbentuk langsung dari darah kita sendiri, mudah mudahan dengan Donor darah yang kita berikan dengan tulus ikhlas Allah memberikan kesehatan yang sangat luar biasa, apa lagi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Kami dari PSTD Budi Suci Indonesia mengucapkan terima kasih pada pihak PMI dalam hal kegiatan ini yang merespon luar biasa,”sebutnya.

Kepala Unit penanggung jawab dari PMI untuk pendonor darah, dr Ade Syahputra Damanik, menjelaskan. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H kita mengadakan  Bakti sosial Donor darah bekerja sama antara PMI Kota Tebing Tinggi dengan PSTD Budi Suci Indonesia kami yang pertamakali, sebelumnya mohon maaf sebesar besarnya mungkin karena ada kesibukan Ketua PMI Muhammad Hazly Azhari S.TM.Sc Hasibuan berhalangan tidak dapat hadir, saya selaku kepala unit donor darah dari PMI saya selaku penanggung jawab pendonor darah yang selalu mewakili, apabila  beliau tidak dapat hadir. 

Adapun yang saya sampaikan nantinya, pertama sekali saya dari PMI sangat berterima kasih sebesar-besarnya terutama peserta pendonor darah pastinya, peserta pendonor darah ini sebenarnya aset buat PMI selama peserta mendonorkan darah ini pastinya untuk menolong orang banyak sesama umat manusia, donor darah ini selain menolong sesama, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Bahwa nantinya darah bapak Ibu yang kita ambil akan kita lakukan pemeriksaan lagi, contoh peserta donor darah yang mempunyai penyakit, darah kita periksa untuk dicek penekanan darahnya,”ucapnya.







Kalau ada pendonor darah ada keluhan penyakit, pihak PMI akan menghubungi peserta pendonor darah. Peserta pendonor darah yang sudah di ambil darahnya di dalam tubuhnya akan menghasilkan sel darah baru, produksi lagi, maka sel darah merah sendirinya lebih baik, setelah di ambil darah di dalam tubuh kita, umumnya hanya 120 hari, jadi kalau tidak kita donorkanpun darah itu juga akan mati sendirinya, lebih baik kita donorkan, jadi darah di dalam tubuh kita semakin baik, produksi darah semakin baik, skulasi darah lancar semakin lebih baik lagi, kerja ginjal lebih baik hasilnya di dalam tubuh kita, semakin sehat,”tutupnya.

H.M Azwar S.si, MM mengatakan, saya pribadi mengapresiasi kegiatan donor darah ini mudah mudahan kegiatan ini dirahmati oleh Allah SWT, karena hari ini kita memberikan  darah untuk di gunakan bagi yang membutuhkannya. Kepada PMI acara bakti sosial donor darah ini sangat  mulia, mudah mudahan kedepannya bisa lebih besar bisa lebih meriah lagi. Kalau bisa agenda agenda ini di buat pertiga bulan sekali di PSTD Budi Suci Indonesia,”ucap Azwar. Saya pribadi baru kali ini ikut mendonorkan darah, jadi kita harus motivasi untuk diri kita sendiri.

Saya selaku Penasehat di PSTD Budi Suci Indonesia mengamati program  yang di laksanakan, bukan hanya berlatih bela diri saja, akan tetapi ada juga kegiatan sosial, luar biasa. Saya juga lihat di group di Facebook atau di media kegiatan PSTD Budi Suci Indonesia yang dilakukan sebatas itu saja, akan tetapi yang telah di lakukan bayak, menyantuni anak yatim dan kaum duafa, juga bersih bersih Mesjid, menolong sesama umat manusia yang  lemah Ekonominya, itu sangat mulia sekali. Mudah mudahan kedepanya PSTD Budi Suci Indonesia  betul betul di kenang masyarakat dan namanya besar di Kota Tebing Tinggi, saya pribadi kalau ada kegiatan seperti ini lagi sangat mengapresiasi dan merespon dengan kegiatan bakti sosial Donor darah apa lagi untuk masyarakat Kota Tebing Tinggi,”ucap  Azwar.

Pantauan media online JournalisNews.com kegiatan bakti sosial donor darah tersebut diikuti antusias para jajaran pengurus dan anggota yang tergabung di PSTD Budi Suci Indonesia Kota Tebing Tinggi, dihadiri Didit Sajli sebagai Kadus Dusun x dan juga mengikuti protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan di akhiri acara melakukan doa bersama yang dipimpin ustadz Ramadani. (Tamsi)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: