Hari Ini Gubsu Lantik Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Terpilih

Share it:



Simalungun, JournalisNews.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, telah melaksanakan gladi resik pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Minggu (25/4/2021) di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman Medan.

Selanjutnya gladi resik dilaksanakan pada hari Senin (24/4/2021), di masa pendemi Covid 19 dilakukan protokol kesehatan yang ketat. Dimana yang berada dalam ruangan pelantikan diantaranya pejabat yang melantik yakni Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Para pejabat Pejabat akan dilantik, Senin (26/4/2021), diantaranya ada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun terpilih yaitu Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH dan Zonny Waldi, S.Sos, MM beserta para undangan lainnya yang terdiri dari Forkopimda Kabupaten/Kota menyaksikan pelantikan secara virtual di daerah masing-masing.

Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH dan Zonny Waldi, S.Sos, MM yang masing-masing didampingi istri hadir bersama dengan 10 pasang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah lainnya mengikuti gladi resik guna memastikan pelantikan yang tidak sebagaimana pelantikan pada masa sebelum pandemi Covid-19.

Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) keluar sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Simalungun Tahun 2020 versi hitung cepat. Sebelum namanya mencuat sebagai calon bupati, ia dikenal sebagai pengusaha sukses di Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan. 

Radiapoh merupakan putra asli kelahiran Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 18 Juni 1968. Radiapoh kecil merupakan anak keluarga petani pasangan St. Jahisar Sinaga (gelar Raja Angin) dan Almarhumah Korlina Br Saragih.

RHS menempuh pendidikan di SD Negeri 01 Tigarunggu, SMP Negeri Tigarunggu dan Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatang Raya dan lulus pada tahun 1988. Menyudahi pendidikan di SMTP Pematang Raya,  Radiapoh sempat bertani sambil mencari-cari pekerjaan. Dirinya sempat bekerja di peternakan ikan deras di Haranggaol, milik DR. Wimson F Purba, seorang pejabat kantor perwakilan PBB di Indonesia.

Tak berhenti di situ, Radiapoh muda juga sempat merantau ke Riau. Di provinsi ini pula, nasib malang masih dirasakan RHS yang hidup luntang-lantung, makan terancam dan tidur di gudang kosong atau emperan toko.

Radiapoh sempat bekerja dengan para perantau lainnya, membuka lahan perkebunan. Selama bekerja di hutan, RHS terserang penyakit Malaria Tropica akut, sehingga RHS hampir menyerah dengan kondisi tubuhnya yang melemah. Atas saran teman-temannya, Radiapoh pun terpaksa pulang kampung ke Tigarunggu. Selama di kampung ini RHS menjalani perawatan hingga pulih dari sakit yang dideritanya.

Pada tahun 1990, Radiapoh mengajukan lamaran ke perusahaan milik DL Sitorus, PT. Torgamba dan diterima di bagian koperasi simpan pinjam, sekaligus sebagai pekerja di perusahan sawit tersebut. Ini menjadi titik mula Radiapoh belajar mengenal bisnis.

Sembilan tahun berselang, RHS berhenti berbisnis dan mendirikan usaha pertamanya, yaitu koperasi simpan pinjam kecil-kecilan di tempatnya yang baru, yakni Tanjung Pinang di Pulau Bintan, Provinsi Riau (Kepri).

Pelan tapi pasti, usaha yang dijalankannya dengan ketekunan dan kerja keras itupun akhirnya membuahkan hasil dan berkembang pesat. Bisnis RHS pun berkembang ke perkebunan sampai properti. Radiapoh memiliki istri, Ratnawati Br. Sidabutar, yang dinikahinya pada tahun 1993. Bersama Boru Sidabutar itu, ia dikaruniai tiga anak perempuan dan seorang laki-laki.

Pencalonan Sebagai Bupati Simalungun

Setahun jelang Pilkada Simalungun tahun 2020, elektabilitas Radiapoh Hasiholan Sinaga meningkat. Radiapoh yang berpasangan dengan Zonny Waldi, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi akhirnya maju dengan nama pasangan RHS-ZW dan motto ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

Sementara itu, dari LHKPN KPK RI, Radiapoh Sinaga yang mendapat nomor urut 1 diketahui melaporkan harta kekayaannya pada 1 September 2020 dengan kekayaan mencapai Rp 11.083.426.058 (Rp 11,08 miliar).

RHS-ZW didukung oleh Partai Golkar (9 kursi) Hanura (4 kursi), PKS (2 kursi) Berkarya (1) dan Perindo (4 kursi). Artinya ia didukung 20 kursi dari 50 kursi DPRD Simalungun. (JMK)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: