Gelar Acara Silaturahmi,Kapolres Pel.Belawan Sampaikan 5 Hal Penting

Share it:


Belawan, JournalisNews.com -
Dalam rangka sinergisitas TNI/Polri dan para tokoh guna mendukung program pemerintah pencegahan Covid-19 dan mensukseskan vaksin nasional di jajaran Polres Pelabuhan Belawan,Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd R.Dayan,SH,MH didampingi Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si menggelar acara silaturahmi bersama Forkompinda,tokoh agama dan tokoh masyarakat,Minggu (18/4/2021).


Acara tersebut digelar diruang aula Wira Satya Mapolres Pelabuhan Belawan Jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan,dengan dihadiri Danyonmarhanlan I Letkol (Mar) Farick,M.Tr,Opsla diwakili Pasminlog Yonmarhanlan I Kapten (Mar) Lontung Rumapea,Dan Pomal Lantamal I Letkol Laut (PM) Desyarnaz,M.Tr,Hanla diwakili Mayor Laut (PM) Deni Suwundo, Danramil 09/MB Kapten (Czi) Amran,Danramil 12/MD Kapten (Inf) Abdul Manan Marpaung, Danramil 12/HP Kapten (Kav) Azwar, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edi Safari,SH,Kapolsek Belawan Kompol D.J Naibaho,SH,Kabag Sumda Kompol Waskita Sembiring,Kabag Ops Kompol M.Nasution,SH,Kasat Reskrim AKP Kadek C.H,SH,SIK,Kasat Narkoba AKP Juriadi Sembiring,SH,MH,Kasat Sabhara AKP Haris Sihite,SE,Kasat Lantas AKP Pittor Gultom,SH dan Kasat Intelkam AKP Syarial E.Siregar,SH.


Turut hadir Bupati Kab.Deli Serdang diwakili Kabag Kesra Kab.Deli Serdang Hasyim Ma'ruf, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM diwakili Plt.Asisten Pemerintahan dan Sosial Ir.Khairul Syahnan,Camat Medan Belawan,Camat Medan Marelan,Camat Labuhan Deli dan Camat Hamparan Perak,para Kepada Desa serta para Lurah.


Rangkaian acara diawali penyampaian kata sambutan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP R.Dayan.Dilanjut dengan penyampaian kata sambutan dari 
Plt .Asisten Pemerintahan dan Sosial Ir.Khairul Syahnan.Acara ditutup dengan tausyah dari Ustadz Sarmin Pane (Ustadz Sampan) dilanjut dengan buka puasa bersama.

Dalam kata sambutannya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP R.Dayan memberikan arahan sebanyak 5 hal penting, yang pertama terkait masalah teror bom yang terjadi beberapa pekan yang lalu di Makasar dan teror di Mabes Polri.

"Yang sangat perlu disikapi yakni bukan hanya masalah menumpas terorisnya saja tidak cukup tanpa mencari akar permasalahannya,"kata AKBP R.Dayan.

Penyampaian yang kedua terkait pelarangan Swiping ketempat-tempat hiburan malam (Cafe-red) oleh para tokoh-tokoh agama.

"Diharapkan kepada para tokoh agama tidak melakukan swiping terhadap cafe-cafe dan tempat-tempat perjudian,disangsikan mengakibat kegaduhan,"jelas Kapolres Pelabuhan Belawan.

Yang ketiga,Kapolres Pelabuhan Belawan menyebutkan agar masyarakat mematuhi peraturan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Yang keempat,kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung saat hari raya Idul Adha 1442 H mendatang.

Yang kelima,Kapolres Pelabuhan Belawan juga mengharapkan kepada masyarakat khusus umat muslim tidak menggelar kegiatan Takbir Keliling.

"Yang kelima,karena saat ini masih situasi pandemi Covid-19,maka diharapkan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,"tutup Kapolres Pelabuhan Belawan dalam penjelasannya.

Berikutnya penyampaian kata sambutan yang disampaikan Plt .Asisten Pemerintahan dan Sosial Ir.Khairul Syahnan yang menerangkan,PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat adalah kebijakan pemerintah Indonesia yang diterapkan sejak awal tahun 2021 sebagai kelanjutan dari PSBB.

PPKM, lanjut Syahnan, masih terus diberlakukan karena ancaman pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum juga menghilang dari muka bumi.

"Hingga saat ini, ada 20 provinsi di Indonesia yang menerapkan PPKM Mikro. Namun demikian, sektor esensial seperti sektor pangan, sektor kesehatan, sektor perbankan dan sektor penting lainnya masih tetap buka 100 persen. Sektor lainnya masih harus terus bersabar menanti hingga kasus Covid-19 benar-benar reda untuk bisa kembali beroperasi,"ucap Syahnan.

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan berbuka puasa bersama itu, Plt .Asisten Pemerintahan dan Sosial Ir.Khairul Syahnan dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP R. Dayanmemberikan penghargaan Posko PPKM Berbasis Mikro Terbaik di Wilayah Polres Pelabuhan Belawan. Keempat Posko terbaik itu yakni Desa Kota Rantang Hamparan Perak, Desa Lama Hamparan Perak, Desa Manunggal Labuhan Deli, dan Kelurahan Sicanang Medan Belawan.

Rangkaian acara berikutnya tausyiah yang disampaikan Ustadz Sarmin Pane (Sampan) yang mengatakan ibadah puasa mengajarkan kita jujur,jujur dalam berkata dan jujur dalam berbuat. Sesungguhnya manusia merupakan sepuluh kata yang artinya Makhluk Akal Nafsu Umat Sosial Untuk Ilmu Akal.

"Barang siapa yang melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna semoga kita mendapat pahala dan hidayah dari Allah SWT,"  

 
(Abdul Halil)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: