Dinas P2K Medan Diminta Anggota DPRD Medan Perbanyak Sosialisasi Pencegahan Kebakaran

Share it:
Medan, JournalisNews.com - Anggota DPRD Medan yang tergabung di Panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Medan TA 2020 minta Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan perbanyak sosialisasi penanganan dan pencegahan terjadi kebakaran. Dewan berharap Dinas P2K dapat hadir sebagai nara sumber saat anggota dewan menggelar sosialisasi Perda.

“Kita berharap D P2K hadir bersama dewan menggelar sosialisasi Perda terkait P2K. Sehingga, masyarakat dapat bertindak memahami cara awal pencegahan bila terjadi kebakaran,” ujar anggota Pansus Drs Wong Cun Sen saat mengikuti pembahasan LKPj Wali Kota Medan di gedung DPRD Medan, Selasa (13/4/2021).

Bahkan, Wong Cun Sen mengapresiasi kegiatan sesama temannya anggota dewan Antonius Devolis Tumanggor (foto) yang menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) terkait pencegahan kebakaran. “Kita mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi Perda baru baru ini yang di gelar Antonius Tumanggor dengan menghadirkan nara sumber petugas Psmadam Kebakaran untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” sebut Wong Cun Sen.

Maka itu, Wong Cun Sen berharap D P2K agar ke depannya dapat memfasilitasi 50 orang anggota dewan dari dapil 1 sd 5. Sehingga, maayarakat mendapat pemahaman dan pengetahuan lewat sosialisasi pengendalian penanganan jika terjadi kebakaran.

Dikatakan Wong, selama ini masyarakat kebingungan dan terus panik ketika terjadi kebakaran. Dimulai dari percikan api kecil yang akhirnya membesar karena masyarakat tidak mampu mengendalikan atau memadamkan api menunggu, petugas Damkar tiba dilokasi.

Menyikapi saran dewan, Kepala Dinas P2K Kota Medan Alboin Sidauruk menyambut baik usulan dewan. Bila ada undangan resmi, pihaknya siap bersama dewan melakukan sosialisasi kepada maayarakat.

Ditambahkan Alboin Sidauruk, guna memaksimalkan pelayanan pemadam kebakaran di Kota Medan, pihaknya saat ini sudah mengusulkan penambahan UPT Damkar di Kota Medan, sehingga dapat cepat ke lokasi tempat kebakaran.

“Selain itu, Damkar kota Medan juga sudah ada aplikasi untuk mengetahui lokasi terjadi kebakaran dengan cepat, dan memastikan mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kebakaran dengan tepat dan cepat,” urai Alboin.

Kembali terkait sosialisasi mengenai cara penanganan dan pemadaman api saat terjadi kebakaran, Alboin mengaku sedang membentuk relawan-relawan yang terlatih untuk memberikan pelatihan dan pendampingan sosialisasi penanganan pemadam kebakaran.

Rapat pembahasan Pansus LKPj Wali Kota Medan TA 2020 dipimpin Ketua Pansus Roby Barus didampingi Wakil Ketua Syaiful Ramadhan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan.M.Pd.B, Dame Duma Sari Hutagalung, Deddy Akshari, Renville Napitupulu, Daniel Pinem dan Antonius Devolis Tumanggor. Hadir dari Pemko Medan Kepala Bappeda Irwan Ritonga, Kepala Dinas P2K Alboin Sidauruk di dampingi beberapa stafnya. (Halil)

Share it:

Medan

Post A Comment:

0 comments: