Di Masa Pandemi Covid-19, Hasil Panen Padi Serentak di Huraba Kian Menurun

Share it:



Madina, JournalisNews.com - Masyarakat petani di Desa Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) panen serentak mulai dari tanggal 2 April 2021 deperkirakan hingga 23 April 2021.

Dilansir dari keterangan masyarakat Desa Huraba E. Batu Bara dan A. Daim mengeluhkan pendapatan petani masyarakat Desa Huraba yang menurun dari tahun-tahun yang lewat hingga rata rata/hektarnya 3.850 Kg.

Lanjutnya, banyak masyarakat mengeluh tentang harga padi tak pernah naik hanya tetap dikisaran Rp4.500/Kg, padahal biaya mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemupukan, penyemprotan, pemanenan sampai pada pengangkutan tiap tahun mengalami kenaikan.




Untuk itu masyarakat Desa Huruba memohon kepada pemerintah daerah atau pusat untuk dapat memproritaskan program program pemerintah kepada kalangan petani di Kab. Madina terutama di Desa Huraba ini karena hidup masyarakat kebanyakan bertani dan sangat membutuhkan perhatian yang cepat dan apalagi di masa musim Covid 19 ini, hingga kian ekonomi kami petani jauh melemah dan ditambah lapangan kerja pun jauh berkurang.

Dikarenakan saat ini hampir semua pengolahan di sawah sudah menggunakan mesin-mesin dan alat-alat canggih bukan lagi manual, seperti yang disalurkan pemerintah sebagai bantuan kepada masyarakat atau pada kelompok tani. (A.Hakim)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: