Sukses Gelar Ops Antik 2021,Kapolres Pematangsiantar 'Pamerkan' Hasil Pengungkapan Kasus Narkotika

Share it:


Pematangsiantar, JournalisNews.com -
Sukses menggelar Ops Antik (Anti Narkotik) 2021,hari ini Jumat (19/3/2021) Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,SIK memimpin langsung pelaksanaan kegiatan Press Release Ungkap Kasus Polres Pematangsiantar.


Berikut uraiannya,terhitung sejak dari bulan Januari hingga Maret 2021 Satuan Reserse (Sat Res) Narkoba Polres Pematangsiantar berhasil mengungkap 42 kasus tindak pidana penyalagunaan narkotika golongan I jenis sabu-sabu,ganja dan pil ekstasi.Sekaligus sukses meringkus para tersangka sebanyak 65 orang.


Hal tersebut terungkap saat Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar memaparkan pada kegiatan perss release pengungkapan kasus berlangsung.Yang dilaksanakan di depan kantor Sat Res Narkoba Mapolres Pematangsiantar Jalan Jend.Sudirman No.8 Kota Pematangsiantar.


Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar yang didampingi Kasat Narkoba AKP Kristo Tamba SH.SIK.MIK, KBO Narkoba Iptu Jahowa Saragih dalam paparannya menyebutkan 65 tersangka yang berhasil diamankan seluruhnya adalah pria yang diringkus dari tempat berbeda beda.Dengan rincian status dari 65 pelaku, sebanyak 33 orang pelaku berprofesi sebagai wiraswasta, 21 orang pengangguran, 7 orang tenaga buruh dan 4 orang pelaku berstatus pelajar.Untuk keempat tersangka yang masih berstatus pelajar akan dijerat dengan pasal yang sama tentang tindak pidana narkotika. 

“Seluruh tersangka merupakan pengedar.Dan akan dijerat dengan pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 112 Ayat (2) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang tindak pidana narkotika.Dengan ancam pidana 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati.Untuk keempat tersangka yang masih berstatus pelajar akan dijerat dengan pasal yang sama tentang tindak pidana narkotika.Untuk kepastiannya nanti dipersidangan,kemungkinan jaksa dan hakim akan melakukan pertimbangan mengingat para pelajar tersebut masih tergolong dibawah umur,"beber mantan Danyon Pelopor A Brimob Polda Sumut itu.

Lanjutnya,untuk barang bukti narkotika yang berhasil disita Sat Res Narkoba Polres Pematangsiatar ada tiga jenis,yakni jenis daun ganja kering siap edar seberat 300 gram,sabu-sabu seberat 127,82 gram dan pil ekstasi sebanyak 52 butir.

“Barang bukti sabu dan ganja terbanyak di sita dari tersangka berinisial SB alias Simon Sianipar (33) warga jalan Dalil Tani Ujung Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur, yang ditangkap dari Jalan Bahkora Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar,"kata Boy Siregar.

Masih menurut Boy Siregar mengatakan seluruh tersangka belum ada yang tercatat sebagai residivis, semua baru pertama kali ditangkap.Barang bukti disita dari para tersangka ada yang dari jaringan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pematangsiantar.  

"Untuk kasusnya masih kita dalami dan akan kita kembangkan terus dengan berkoordinasi kepada pihak Lapas.Semoga pihak Lapas mau membantu kita dari Polres untuk mengungkap jaringan ini,"harapnya.

Selain dalam pengawalan ketat dari personil Sat Res Narkoba Polres Pematangsiatar,kegiatan press release tersebut juga dikawal ketat dengan penerapan protokol kesehatan (Prokos) dengan melaksanakan 3M+1T (Memakai masker,Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,Menjaga jarak dan Tidak berkerumun)



(Abdul Halil)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: