Pengadilan Tipikor Medan Vonis Chandra Tarigan 2 Tahun Penjara Terkait Pengadaan Lahan TPA Desa Dokan

Share it:



Karo, JournalisNews.com - Sidang tindak pidana korupsi pengadanan tanah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, Kamis (18/03/2021) yang berlangsung di gedung Cakra 4 Pengadilan Tipikor  Pengadilan Negeri Medan, adapun agenda persidangan  mendengarkan putusan dari Majelis Hakim, sidang dimulai pada pukul 16.30 WIB dimana Ketua Majelis membacakan putusan dengan amar putusan.

 Menyatakan terdakwa Candra Tarigan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 3 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) kesatu KUHP sebagaimana dakwaan subsider jaksa penuntut umum. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun dikurangi sepenuhnya selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah tetap ditahan. 

Membebankan terdakwa untuk membayar denda sebesar 50 juta rupiah, apabila tidak dibayar maka akan digantikan dengan kurungan selama 1 bulan. Menetapkan terdakwa membayar uang pengganti sebesar 100 juta rupiah. Membebankan terdakwa membayar uang perkara sebesar 5 ribu rupiah. 

Bahwa terhadap putusan tersebut baik jaksa penuntut umum maupun tim kuasa hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir. Putusan tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum selama 3 tahun. Pada saat dipertanyakan oleh awak media terkait  pembeian lahan TPA Desa Dokan 2017  apakah akan ada tersangka  dalam pembelian lahan tersebut.

 Jaksa Akbar Dana  Harahap S.H berpendapat “kita masih menunggu perkembangan penyidikan karena masih ada sprintdik untuk kegiatan pembelian tanah tahun 2017, terkait pernyataan terdakwa Candra Tarigan tersebut kita akan coba dalami terlebih dahulu. Ungkap Akbar. (Charles Sitanggang)

Share it:

Kriminal

Post A Comment:

0 comments: