Gunung Sinabung Erupsi Semburkan Awan Panas dengan Ketinggian 5000 Meter

Share it:



Karo, JournalisNews.com - Gunung Sinabung yang terletak di Tanah Karo, Sumatera Utara kembali erupsi dan semburkan awan panas setinggi 2000-5000 meter ke arah tenggara- timur. Erupsi ini terjadi pada Selasa (02/03/2021) dari pukul 06.42 WIB - 08.20 WIB. 

Data yang di himpun dari PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Sinabung menerangkan bahwa, erupsi gunung Sinabung terjadi sebanyak 13 kali  guguran awan panas dengan jarak luncur 2000-5000 meter, angin lemah ke arah barat- barat daya. Material awan panas mencapai sungai lauborus disektor tenggara timur. 

Pengamat Gunung Api Sinabung, Armen Putra, menerangkan bahwa, saat ini Gunung Sinabung berada dilevel III (Siaga). Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (Charles Sitanggang)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: