Gelar Ops Sikat Toba 2021,Sat Reskrim Polres Pematangsiantar Sukses Ungkap Kasus Curas,Dua TSK Ditembak

Share it:


Pematangsiantar, JournalisNews.com -
Dalam rangka pelaksanaan Ops Sikat Toba 2021 yang akan berakhir pada tanggal 22 Maret 2021 pukul 00.00 Wib mendatang,pertugas Opsnal Satuan Reskrim Polres Pematangsiantar sukses mengungkap kasus pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 365 KUHP,sekaligus berhasil meringkus dua orang tersangka. 


Kedua tersangka Kevin Dolarosi Simanjuntak (22) merupakan seorang Resedivis warga Jalan Rakuta Sembiring Gang Selamat Kelurahan Nagapita Kecamatan Siantar Martoba dan rekannya
Togu Hermanto Simatupang (20) yang juga merupakan seorang Residivis warga Jalan Pendeta Wismar Saragih.Kedua Residivis tersebut ditangkap petugas Satreskrim Polres Pematangsiantar saat keduanya sedang berada di sebuah rumah yang berada di jalan Gunung Sibayak Kelurahan Kebun Sayur Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar,Rabu (17/3/2021) sekira pukul 04.00 Wib.


Menurut keterangan tertulis Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,SIK melalui Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar AKP Edi Sukamto,SH,MH yang dirilis Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar Iptu Rusdy Yahya,SH menjelaskan kronologis prihal penangkapan kedua sekawan maling sepeda motor itu berawal adanya Laporan Polisi nomor : 165/III/ 2021/ SU / STR.tanggal 16 Maret 2021 atas nama korbanya Bunga Pola Sibuea (61) warga jalan Melanton Siregar Gang.Mulia No.25 Belakang Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan. 


Lanjut Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar dalam keterangannya mengatakan dalam surat laporannya,korban mengalami kerugian berupa 1 (satu) buah tas yang berisikan 1(satu) unit Handphone merek Vivo type 1817 warna merah dengan imei 1: 868883040842296. Nomor Imei 2: 86888304042288, 1 (satu) untai rante emas dengan berat 3 Mayam,Liontin emas model anggur seberat 2 Mayam, anting sebesar 1mayam, dan uang kontan sebanyak Rp.3000.000 (tiga juta rupiah). 

"Akibat kejadian tersebut korban  mengalami kerugian sebesar Rp.19.500.000 (sembilan belas juta lima ratus ribuh rupiah).Dan korban merasa keberatan sekaligus melaporkan kejadian tersebut ke Polres Pematangsiantar untuk diproses sesuai hukum yang berlaku di NKRI,"kata Rusdy Yahya.

Masih kata Rusdy Yahya,kronologis kejadian tindak pidana pencurian dengan kekerasan tersebut terjadi pada hari Senin tanggal 15 Maret 2021 sekira pukul 17.30 Wib.Waktu itu korban bersama dengan anaknya hendak pulang kerumah dengan menumpang becak mesin dan ketika dalam perjalanan tiba-tiba ada sepedamotor yang mendekati becak yang ditumpangi korban dari arah sebelah kiri. dan kemudian kedua tersangka mengambil tas milik korban.Bercampur kaget dengan spontan kemudian korban turun dari becak dengan posisi becak sedang berjalan untuk mengejar tersangka.Akhirnya korban terjatuh dangan posisi terguling guling.

"Setelah menerima laporan dari SPKT sekaligus menindaklanjuti laporan korbannya,Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,SIK memerintahkan Kasat Reskrim AKP Edi Sukamto,SH,MH untuk mengungkap kasus Curas tersebut,sekaligus melakukan penangkapan terhadap kedua tersangka.Karena kata Kapolres Pematangsiantar merupakan kasus atensi  dikarenakan Korban merupakan Ibu Ibu yang sudah Tua (Lansia), dan sudah sangat meresahkan Selanjutnya Kasat Reskrim membentuk tim khusus (Timsus) yang di pimpim oleh Kanit kejahatan dan kekerasan (Jatanras) Ipda Wilson Panjaitan,"beber Rusdy.

Selanjutnya Tim Opsnal melakukan penyelidikan terkait kasus tindak pidana Curas yang terjadi di jalan Gunung Sibayak Kelurahan Kebun Sayur Kecamatan siantar timur kota pematang siantar. Dari hasil penyelidikan tim opsnal mendapatkan ciri ciri diduga pelaku yang terekam di CCTV yang ada diseputaran TKP.Akhirnya pada hari rabu tepatnya pada tanggal 17 maret sekira pukul 03.15 Wib kerja keras Tim Opsnal yang dipimpin Kanit Jatanras Ipda Wilson Panjaitan membuahkan hasil dengan berhasil mendeteksi sepeda motor yang digunakan kedua tersangka dari rekaman CCTV.Setelah dilakukan penyelidikan ternya sepeda motir tersebut milik teman kedua tersangka bernama Dedi Justinus Nainggolan.Selanjutnya petugas mengamankan Justinus Nainggolan sebagai pemilik sepeda motor yang digunakan kedua tersangka untuk melakukan tindak pidana Curas yang terekam CCTV di lokasi TKP.

Dari hasil interogasi terhadap Justinus Nainggolan pemilik sepeda motor,yang bersangkutan menerangkan bahwa sepeda motornya pada saat kejadian di pinjam oleh Kevin simanjuntak (tersangka) dan Togu Hermanto simatupang (Tersangka). 

"Selanjutnya pada pukul 04.00 Wib Tim Opsnal berhasil melakukan penangkapan terhadap kedua tersangka.Saat diintrogasi petugas kedua tersangka mengakui terus terang perbuatannya,"sebut Rusdy. 

Sebut Rusdy,namun sayang saat dilakukan pengembangan kedua tersangka melakukan perlawan terhadap petugas dan terjadi pergumulan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur.Selanjutnya kedua tersangka dibawah ke RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar untuk dilakukan tindakan Medis.Usai menjalani perawatan kedua tersangka diboyong ke Sat Reskrim Polres Pematangsiantar jalan Sudirman No.8 Kota Pematangsiantar,guna proses hukum lebih lanjut.

Dalam penangan kasus Curat tersebut penyidik Sat Reskrim Polres Pematangsiantar telah memeriksa beberapa orang saksi yakni Dian Lestari Tarigan (26) warga jalan Melanton Siregar Gang Mulia No.25 BLK Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan Kota pematangsiantar.Saksi selanjutnya Salian Basyar (54) warga jalan Flores No.8  Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat.
 
"Selain berhasil meringkus kedua tersangka,petugas dari Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pematangsiantar juga berhasil barang bukti berupa 1(satu) unit Sepeda motor Yamaha Jupiter MX warna merah putih (digunakan pelaku saat beraksi),2 (dua) buah cincin,1 (satu) pasang anting,1 (satu) untai kalung emas dan uang tunai uang sebesar Rp 400.000 (empat ratus ribu rupiah).Kedua tersangka akan dijerat pasal 365 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman pidana 9 tahun penjara,"tutup Rusdy Yahya dalam keterangannya.


(Abdul Halil) 

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: