Bupati Zahir Resmikan Jalan Produksi Perikanan dan Serahkan Pada Kelompok Cinta Mangrove

Share it:



Batu Bara, JournalisNews.com - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP melakukan peresmian  sekaligus penyerahan Jalan Produksi Perikanan, Sentra Kuliner dan Pemasaran Hasil Perikanan serta Sentra Kuliner kepada Kelompok Cinta Mangrove, di Pantai Sejarah Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Senin (08/03/2021).

Turut dihadir dalam acara tersebut Asisten II Sahala Nainggolan, Kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga. SP, Kapolsek Lima Puluh AKP. Rusdi. SH. M.M, Dan Ramil 03/LP Lima Puluh Kapten Infantri Nazaruddin, Camat Lima Puluh Pesisir Sahrizal, Kepala Desa Perupuk Anton Sarkowi, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam acara berlangsung Kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga. SP menjelaskan, bahwa kegiatan pada tahun anggaran 2020 di danai dari APBD, sedangkan sumur bor dan sentral kuliner dan pemasaran kuliner perikanan itu di danai dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Sedangkan untuk 1200 Ansuransi Nelayan di danai dari  P.APBD  tahun 2020. 

“Semoga pembangunan yang telah di buat pemerintah ini bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat khususnya oleh pengelola untuk pengembangan budidaya kerang dan secara umum untuk pengembangan wisata di pantai sejarah,“ucap Antoni.

Sementara itu Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang pemulihan ekonomi nasional, maka Pemerintah kabupaten Batu Bara menganggarkan dan mengalokasikan anggaran untuk pemulihan ekonomi masyarakat di kabupaten Batu Bara yang bersumber dari hasil Refocusing / Pemotongan anggaran APBD Kabupaten Batu Bara Tahun 2020.




Tujuan dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama masa Pandemi Covid-19 (PP/23/2020) yang salah satunya sektor usaha kelautan dan perikanan.

“Pada tahun 2020 Pemerintah kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan telah menjalankan program-program pemulihan ekonomi yang bersumber dari Dana APBD, BTT dan DID yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktifitas pelaku usaha perikanan, baik perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan, menjaga ketahanan pangan masyarakat, “ ungkap Bupati Ir. Zahir.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Zahir, pada tahun 2021 program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sektor perikanan akan terus kita lanjutkan dengan sasaran utama adalah pelaku usaha. Sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, diantaranya, bantuan Premi Asuransi Nelayan, bantuan budidaya ikan air tawar dan payau, bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap, bantuan sarana pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, yang semuanya bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batu Bara. (Dani)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: