Terkait Pendapat Untuk Bangun Universitas Sendiri dan Prioritas Daerah

Share it:



Tebing Tinggi, JournalisNews.com - "Kalau kita mau mendirikan Universitas di Tebing Tinggi dengan status negeri:  pertama apa kita miliki syarat 20 hektare?, apa kita punya gedung prasarana untuk dijual kepada Pemerintah Pusat?, sementara Pemerintah Pusat mengupayakan dengan cara Universitas Swasta agar menjadi negeri,"ucap Wali Kota. 

"UIN telah menyatakan kepada kita, bahwa untuk anak Tebing, akan diberikan prioritas melalui jalur undangan. Mahasiswa dari luar Medan, luar Langkat sana, Binjai nanti akan difokuskan untuk di kampus Tebing.  Rencana 2 Fakultas tapi tak tertutup untuk menjadi Fakultas lain. Antara lain kemungkinan kalau UIN buka Fakultas Kedokteran. Di tempat kita banyak Rumah Sakit, kalau ada yang mau tempat praktek, tempat co-As.Tapi dengan 2 Fakultas ini kita harap berkembang,"kata Wali Kota. 

Wali Kota kembali menjelaskan bahwa membangun Universitas, ini sudah bukan tugas kita sebagai Pemerintah Daerah, ini tugas Pemerintah Pusat sesuai peraturan. Kalau kita pinjam pakai? karena kemenag dan UINSU ini kementerian dan menggunakan dana APBN, tidak akan bisa di bangun diatas tanah yang bukan miliknya, kalau ini tidak dihibahkan, dan ini tidak ada dirugikan. Yang dibuka UIN ini juga ini umum,”ucap Wali Kota. 

"Saya usahakan ini juga untuk anak - anak Tebing dan sekitarnya, kualitas SDM dan Ekonomi jauh lebih meningkat. Kalau tidak ada magnet di Kota Tebing Tinggi, maka tidak ada orang mau datang ke Tebing. Mudah - mudahan ini terwujud saya mohon dukungannya," tutup Wali Kota.




Dukungan disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah Al-Ittihadiyah melalui Ketua Barisan Muda Al-Ittihadiyah, Rian mengatakan,"kami mendukung sepenuhnya dan siap mengawal rencana dari Pemerintah Kota menghibahkan eks Akbid ini, dengan beberapa pertimbangan: pertama, kami melihat potensi dari sisi Ekonomi Masyarakat dan Mahasiswa bisa bergerak. Kedua, sesuai dengan hibah ini dari Pemerintah ke Pemerintah, ini menjamin aset ini tidak berpindah ke pihak swasta. Ketiga, ini suatu kebanggaan dan Masyarakat/ Mahasiswa tidak meninggalkan Kota Tebing Tinggi.

Audiensi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan Surat Keputusan dukungan hibah eks gedung Akademi Kebidanan dari Barisan Muda Al-Ittihadiyah, Dewan Pengurus Daerah Al-Ittihadiyah, Angkatan Putri Al-Wasliyah, Pengurus Daerah Al-Wasliyah, Pengurus Daerah Ikatan Guru dan Dosen Al-Wasliyah, Pengurus Daerah HIMMAH Al-Wasliyah, Pengurus Daerah Ikatan Pelajar As-Waliyah. (Tamsi)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: