Sidang Pengadaan TPA Desa Dokan Kembali Digelar di Pengadilan Tipikor Medan

Share it:



Karo, JournalisNews.com - Sidang tindak pidana korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, dengan Terdakwa Candra Tarigan digelar Kamis, (04/02/2021) sidang dimulai sejak pukul 15.00 Wib di ruang Cakra 2 Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan.

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan ahli, diantaranya Ahli LKPP Jupri Antoni, Ahli Hukum Pidana Junaidi (Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia) dan Ahli Pertanahan Suparjo (Dosen Agraria Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

Untuk Ahli LKPP pada keterangannya menjelaskan, pengadaan jasa konsultansi KJPP tidak dapat dibenarkan, karena proses pengadaan jasanya tidak dilakukan dengan efektif, efisien dan transparan, hal tersebut dikarenakan PPBJ dalam mengundang calon-calon rekan tidak memberikan informasi yang sama, untuk KJPP Doly Siregar dan Rekan undangan disampaikan secara lengkap dengan menyertakan KAK dan RAB, sedangkan untuk KJPP Syarif Endang hanya undangan saja, serta PPBJ tidak mematuhi jadwal pengadaan yang sudah dibuat dengan menerima penawaran dari KJPP Doli Siregar dan Rekan, sementara tanggal penyerahan penawaran sudah berakhir.

Ahli Pidana Junaidi (via zoom) menerangkan perbuatan Terdakwa sudah sesuai dengan Dakwaan JPU juga tindak pidana korupsi, tidak hanya sebatas menikmati uang yang menjadi kerugian negara, akan tetapi dikarenakan kewewenangannya mengakibatkan kerugian negara maka dia bertanggung jawab.

Sedangkan untuk Ahli Pertanahan dikarenakan berhalangan maka keterangan ahli yang terdapat di BAP dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum mengingat ahli sudah disumpah pada saat di BAP. Sidang selesai pada pukul 18.00 Wib dan ditunda pada hari Kamis (11/02/2021) dengan agenda keterangan ahli dari Terdakwa dan Penasehat Hukum. (Charles Sitanggang)
Share it:

Kriminal

Post A Comment:

0 comments: