Polres Pel. Belawan Berhasil Mengungkap Kasus 365 Dan 338 KUHPidana

Share it:


Belawan, JournalisNews.com - 
Bertempat di ruang aula Wira Satya Mapolres Pelabuhan Belawan jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan,Polres Pelabuhan Belawan menggelar konferensi pers terkait keberhasilan pengungkapan kasus yang menonjol di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan,Rabu (17/02/21) siang.


Dalam keterangan persnya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd.R.Dayan,SH,MH didampingi Kasat Reskrim AKP I Kadek H.C,SH,SIK dan Kasat Narkoba AKP Juriadi ,SH,MH kepada sejumlah awak media mengatakan hasil dari tangkapan Satres Reskrim Polres Pelabuhan Belawan berupa kasus pencurian dengan kekerasan sebagaimana diatur pada pasal 365 KUHPidana yang terjadi di Jalan Tol Kampung Kurnia Belawan, dengan TSK PB alias Adi Gedat (33) melakukan pencurian  dengan barang bukti berupa  2 (dua) buah kotak Handphone serta 1 (satu) buah dompet warna hitam.

"Untuk kasus pencurian dengan kekerasan,tersangka akan dijerat dengan pasal 365 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 15 tahun,"sebut AKBP Dayan.

Selain itu, Polres Pelabuhan Belawan juga berhasil mengungkap kasus pembunuhan dengan motif perselingkuhan.

"Berikutnya dari Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil menangkap tersangka pembunuhan berencana sebagaimana dimaksut pada pasal 338 KUHPidana dengan motif perselingkuhan antara bibik dengan keponakan yang membuat suami merencanakan pembunuhan terhadap keponakannya sendiri yang terjadi pada tahun 2020 silam.Dengan tersangka AS alias Aseng yang di tangkap di daerah Kabupaten Batubara. Barang bukti yang berhasil disita berupa 1 (satu) bilah pisau stainlis, pelaku merupakan salah satu pelaku pembunuh yang dibayar dengan sejumlah uang Rp. 1.500. 000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah),"ujar Kapolres Pelabuhan Belawan.

Masih kata Kapolres Pelabuhan Belawan,untuk kasus pembunuhan berencana,tersangka akan dijerat dengan pasal 338 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara semur hidup atau hukuman mati.

Kapolres Pelabuhan Belawan menambahkan, selain kasus pembunuhan dan pencurian dengan kekerasan,Satres Narkoba Polres Pelabuhan Belawan juga berhasil mengungkap kasus narkotika golongan I jenis sabu-sabu. 

Kata Kapolres,selama pelaksanaan operasi anti narkotik (Ops Antik) Toba tahun 2021,dimana operasi ini berlangsung dari mulai 27 Januari hingga 14 Februari 2021,Satres Narkoba Polres Pelabuhan Belawan berhasil  mengungkap sejumlah kasus narkoba dengan rincian sebagai berikut,ada sebanyak 54 (lima) puluh empat kasus dengan 74 (tujuh puluh empat) tersangka, dengan jumlah barang bukti 1.185 gram Narkotika jenis sabu.

"Barang bukti terbesar yang berhasil disita petugas yakni dari tangan tersangka Supri alias Baduk alias Dayu yang merupakan target operasi (TO) dengan barang bukti narkotika golongan I jenis sabu seberat 120,74 gram,"tutup mantan Kapolres Humbahas itu dalam keterangan persnya.

Dikatakan Kapolres Pelabuhan Belawan,untuk kasus tindak pidana narkotika tersangka akan dijerat dengan Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 pasal 112 ayat (1) Subs pasal 114 ayat (1) tentang tindak pidana narkotika,dengan ancaman pidana penjara 7 tahun penjara atau hukuman mati.


(Abdul Halil)
Share it:

Post A Comment:

0 comments: