Gelar Ops Yustisi,Kapolres Pel.Belawan Bagikan Ribuan Masker Kepada Masyarakat Langgar Prokes

Share it:

Kasat Sabhara Polres Pel.Belawan AKP Harris Sihite,SH memberikan masker kepada seorang bocah saat digelarnya Ops Yustisi (foto,Abd Halil)

Belawan, JournalisNews.com - Dalam rangka mencegah penularan virus Corona (Covid-19) atau SARS CoV2,Polres Pelabuhan Belawan dan jajaran bekerjasama dengan TNI,Sat Pol PP dan instansi pemerintahan Kecamatan Medan Belawan akan terus melakukan razia masker dengan digelarnya OPS Yustisi dan memonitoring tempat-tempat keramaian masyarakat seperti Cafe,Resepsi Perkawinan dan Pasar Tradisional yang di prediksi sebagai pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) yang paling Signifikan dimasa pademi yang masih berlangsung sampai saat ini.





Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd R.Dayan,SH,MH melalui Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si dengan didampingi Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol Mustafa Nasution,SH saat memimpin apel gabungan dengan personil Polsek Belawan,Sat Pol PP Kota Medan,Babinsa Koramil O9/MB dan staf pemerintahan Kecamatan Medan Belawan.

Apel gabungan persiapan Ops Yustisi digelar di lapangan apel Mapolres Pelabuhan Belawan Jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan,Selasa (9/2/2021) sekira pukul 09.00 Wib.Dengan di ikuti personil dari unsur satuan dari Sat Lantas,Sat Binmas,Sat Intelkam dan Bag Ops Polres Pelabuhan Belawan.





Lebih lanjut Kompol Herwansyah Putra menekankan kepada para personil yang terlibat operasi agar tetap mengedepankan sikap yang humanis kepada masyarakat.Bila menemukan masyarakat yang tidak memakai masker maka boleh diambil tindakan langsung berupa hukuman sosial seperti Pusp Up,mambacakan Pancasila,menyanyikan lagu Indonesia Raya atau membersihkan rumah ibadah.

"Tetap dengan mengedepankan sikap yang humanis kepada masyarakat,sekaligus berikan tindakan dan selesai itu berikan pelanggar protokol kesehatan satu buah masker.Sampaikan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan 5M (Memakai masker,Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin,Menjaga jarak,Menghindari kerumunan dan Mengurangi aktifitas diluar rumah,"kata mantan Kasi Propam Polrestabes Medan itu.




Masih kata Kompol Herwansyah Putra, pelaksanaan Operasi dilaksanakan sesuai Maklumat Kapolri Nomor Mak/3/IX//2O2O tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan serta berdasarkan Pergub No. 77 tahun 2020 dan Perwal Kota Medan No. 27 tahun 2020 yakni tentang peningkatan disiplin masyarakat dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 di provinsi Sumatera Utara dan Undang - Undang Kesehatan No.216 Tahun 2O2O Tentang Protokol Kesehatan.


Hadir dalam kegiatan apel gabungan persiapan Ops Yustisi tersebut,Kapolsek Medan Belawan Kompol D.J Naibaho,SH,Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Belawan AKP Harris Sihite,SH,Kasi Propam Polres Pelabuhan Belawan Ipda Burhanuddin,Danramil O9/MB Kapten Inf Amran,Camat Medan Belawan Ahmad Sunara,SP,MM. 

Usai pelaksanaan apel gabung,kegiatan dilanjutkan dengan Ops Yustisi dengan mengambil lokasi di Jalan Raya Pelabuhan Belawan tepatnya didepan kantor PT Pelindo I Belawan.

Target sasaran operasi yakni masyarakat yang tidak mempergunakan masker saat berkendara atau berpergian keluar rumah yang melintas di lokasi razia digelar. 

Hasilnya,puluhan masyarakat terjaring operasi yang digelar tim gabungan tersebut.Dengan berbagai modus masyarakat yang terjaring operasi saat ditanya petugas mengapa tidak memakai masker,banyak masyarakat mengatakan karena maskernya ketinggalan dirumah dan berbagai macam alasan lainnya.

Pantau dilapangan petugas gabungan memberikan sangsi pusp up,membacakan Pancasila sampai di perintahkan petugas untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya kepada masyarakat yang tidak memakai masker.Selanjutnya masyarakat tersebut yang sudah menjalani hukuman diberikan masker oleh petugas.

Catatan terakhir dari pètugas Sat Pol PP kota Medan mencatat ada 39 (tiga puluh sembilan) orang yang ditindak oleh petugas karena melaggar Prokes tidak memakai masker.

Diakhir kegiatan,dalam wawancaranya dengan kru JournalisNews.com,Camat Belawan Ahmad Sunara,SP,MM menjelaskan Operasi Yustisi dengan melibatkan seluruh unsur terkait akan terus dilakukan,tujuannya untuk terus menekan angka yang meningkat orang terpapar Covid-19 ini khususnya di daerah Belawan ini.

"Kemarin pertanggal 6 Februari tepatnya di hari Sabtu, data dari Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan kota Medan menyebutkan 21 Kecamatan se-Kota Medan masuk kategori Zona Merah.Kita prihatin hampir setiap hari 2 sampai 3 orang meninggal karena terkonfirmasi Covid-19 ini.Terpenting kita juga akan bersama-sama menekan laju penyebaran virus Corona ini dengan melakukan penertiban sejumlah tempat hiburan malam seperti Caffee,Hiburan Rakyat,Destinasi Wisata,tempat-tempat Resepsi Pernikahan dan Pasar (pajak),"beber mantan Sekcam Medan Kota itu.

Kurang lebih dua jam Ops Yustisi berlangsung,dengan rutin digelarnya Operasi serupa harapannya semoga masyarakat lebih sadar arti penting penggunaan masker untuk mencegah berkembangnya virus yang mematikan ini.


Liputan,Abdul Halil,SE
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: