DPC HNSI Batu Bara Minta DPRD Provsu Anggarkan Dana Pembuatan Rumpon dan Pengerukan Alur

Share it:



Batu Bara, JournalisNews.com - Dalam kunjungan kerja (Kunker) Komisi B Provinsi Sumut ke kantor Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) H Safri Habni menyampaikan persoalan di Batu Bara sekarang ini kebanyakan nelayan di Batu Bara tidak lagi menangkap ikan di wilayah laut Kabupaten Batu Bara semua nelayan bergerak berangkat mengambil ikan di tapal batas Malaysia dan Indonesia. Jelasnya. Senin (15/2/2021). 

Lanjut disampaikan Ketua HNSI, sekarang ini nelayan sangat jauh dan sangat beresiko untuk mendapatkan hasil tangkap, untuk itu kami selaku himpunan nelayan Kabupaten Batu Bara dalam pertemuan ini berharap ada solusi agar ikan itu kembali lagi ke perairan laut Kabupaten Batu Bara seperti sebelumnya.

Menurut Ketua HNSI, Kabupaten Batu Bara dianugerahi dua pulau dan pulau tersebut kami anggap rumah singgah ikan yang berimigrasi, dan ikan-ikan tersebut tidak menetap sehingga kadang ikan itu ada dan terkadang ikan tersebut tidak ada di perairan laut Batu Bara, untuk itu perlu di perbanyak rumah-rumah ikan. 

Dalam pertemuan tersebut H Safri juga bermohon kepada Ketua Komisi B DPRD Provsu untuk mengalokasi kan dana untuk memperbanyak rumah tempat singgah ikan di perairan laut Batu Bara,karna tidak bisa mengandalkan pulau yang ada, dengan begitu pemerintah perlu memperbanyak rumpon atau rumah ikan dengan begitu ikan berimigrasi ke perairan laut Batu Bara bisa bertahan, dengan demikian nelayan kita tidak lagi masuk ke wilayah lain.




Apa lagi jika kita mengingat istilah Bupati Batu Bara kalau di Selat Malaka tolnya ikan, untuk perlu kita perbanyak rest areanya sehingga nelayan tidak lagi jauh mencari ikan hingga sampai keperbatasan, yang sangat beresiko terhadap nelayan itu sendiri. 

Dalam pertemuan itu ia berharap kepada pemerintah daerah provinsi mau pun pusat untuk melakukan pengerukan alur kapal di dua Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Tanjung Tiram yang menurutnya sangat menghambat lalu lintas sampan nelayan, yang akan beraktifitas. Jelas Ketua HNSI Kab. Batu Bara.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Ketua Komisi B DPRD Provsu serta rombongan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Provinsi sumut diwakili Kabid Tangkap, Wakil Ketua I DPRD Kab. Batu Bara, Danposal Tanjung Tiram, Kasat Pol Air Tanjung Tiram, Kepala Pos PSDKP Kab Batu Bara, KPLP Tanjung Tiram, Kadis Perikanan Batu Bara beserta jajaran, Ketua HNSI dan jajaran. (Dani)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: