Dinas Perikanan Kab Batu Bara Serahkan Bantuan 435 Cool Box Pada Pelaku Usaha Perikanan

Share it:



Batu Bara, JournalisNews.com - Untuk menambah Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan berupa cool box/fiber kepada pelaku usaha perikanan yang ada di Kabupaten Batu Bara.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Antoni Ritongah, SP melalui Azmi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Usaha Perikanan dan Penyelenggara Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di ruang kerjanya, Senin (08/02/2021).

Lanjut Azmi, Pemkab Batu Bara memberikan bantuan fiber bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan para pengusaha perikanan. “Dan kita sudah membuat Juknis, jadi apa yang dibuat itu semua sudah standarisasinya melalui petunjuk teknis untuk cool box (fiber) ada dua ketegori yang ditetapkan di dalam Juknis tersebut,“ujarnya.
 
Pertama adalah yang biasa kita sebut tokeh, jadi tokeh itu mau punya kapal kecil atau kapal besar asalkan sifatnya tokeh, seperti yang saya jelaskan tadi, tokeh itu adalah bisa memiliki kapal dan kemudian menyerahkan kapal ke orang, hasilnya dia beli lagi kemudian di jual atau tidak punya kapal tetapi membeli ikan.
 
Dan kedua adalah pedagang baik itu pengumpul atau pengecer, sedangkan pedagang ini kalau diorientasikan yang ada di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Tiram. “Nah, bisa pedagang ember atau pedagang piber yang masuk ketegori UMKM,“sebutnya.
 
Di katakan Azmi, cuma memang beberapa dekade terakhir mungkin ada beberapa Subsektor yang tidak tersentuh, nah, pelan-pelan kita akan menjamah semua itu, tentu tidak bisa menyeluruh, tetapi secara bertahap, terkait dengan Visi Bupati Batu Bara dengan pemberdayaan sektor perikanan terus kita kejar tidak ada terkecuali,“ujarnya.
 
Hanya saja Tahun Anggaran (TA) 2020 sumber dana yang kita dapat adalah Dana Insentif Daerah (DID) yang merupakan dana transfer insentif daerah yang masuk dalam kelompok anggaran biaya tak terduga.
 
“Sebanyak 435 unit cool box (fiber) yang disalurkan kepada pelaku usaha perikanan dengan ukuran yang berbeda-beda, yaitu cool box 220 liter sejumlah 320 unit, sementara ukuran 200 liter 50 unit, 120 liter 50 unit dan 50 liter 15 unit,“jelas Azmi.
 
Lanjut tambah Azmi, selain memberikan bantuan piber, Dinas Perikanan sebelumnya dari awal-awal 2020 sudah melakukan sosialisasi dan memanggil para pelaku usaha perikanan terkait dengan bantuan piber tersebut. (Dani)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: