Terkait Bangunan Tanpa IMB,Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan 'Perintahkan Bongkar'

Share it:

Dedy Aksyari Nasution anggota Komisi IV DPRD Kota Medan (foto,Ist)

Medan, JournalisNews.com - Terkait adanya laporan dari masyarakat masalah pembangun rumah toko (ruko) yang terletak di Jalan Rumah Potong Hewan (RPH) Lingkungan X Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli,yang 'diduga' tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB),Akhirnya Komisi IV DPRD Kota Medan,melalui anggota Komisi Dedy Aksyari Nasution angkat bicara. 


Di temui awak media diruang kerjanya,Jumat (29/1) Dedy Aksyari Nasution saat ditanya tindakan yang akan di ambil oleh Komisi IV DPRD Kota Medan terkait adanya laporan bangunan yang pembangunannya diduga tidak dilengkapi surat perizinan dari Pemko Medan, anggota legislatif dari Fraksi Partai Gerindra menegaskan yang pertama akan segera memanggil Camat Medan Deli Feri Suheri,S.Sos,yang kedua bila terbukti pemilik bangunan tidak bisa menujukan SIMBnya maka kita perintahkan Pemko Medan melalui Sat Pol PP Kota Medan untuk membongkar bangunan tersebut.

Ditambahkan Dedy,alasan tindakan ini harus dilakukan karena pembangunan bangunan tersebut sudah jelas-jelas menyalahi aturan dengan pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No.9 Tahun 2OO2 tentang Retrebusi Izin Mendirikan Bangunan.

Pemilik Bangunan Bisa Dipidana

Lanjutnya,hal ini juga sudah dipertegas dalam Pasal 115 ayat 1 PP No. 36 Th 2005. Pasal 2, pemilik gedung yang tidak IMB dapat dikenakan sanksi perintah pembongkaran. Bahkan menurut Pasal 46 ayat 3 Undang-Undang Bangunan dan Gedung, pemilik bangunan juga bisa dikenai sanksi pidana penjara paling lama lima tahun,"kata Dedy.

"Terkait Peraturan Daerah Kota Medan setidaknya lagi ada Perda No. 9 Tahun 2002 tentang Retribusi IMB.Kesimpulannya siapa pun yang ingin melakukan pembangunan harus mematuhi peraturan tersebut," tutup Dedy.(tim)

Share it:

Medan

Post A Comment:

0 comments: