Gubsu Tinjau Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Serdang Bedagai

Share it:



Sei Rampah, JournalisNews.com - Bencana alam banjir dan puting beliung yang menerjang beberapa daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat perhatian serius dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi. Hal ini terlihat saat Gubsu melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau banjir dan penyerahan bantuan sembako di Jl. Kancil Desa Sei Rampah dan Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (02/12/2020) disambut langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs.) Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Bupati dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan bencana di Kabupaten Sergai. Dirinya menyebutkan, bencana alam banjir dan puting beliung yang terjadi pada tanggal 28 November lalu berdampak kepada ribuan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan hektare sawah.

“Pasca terjadinya bencana alam banjir, menurut data dari BPBD Kabupaten Sergai, pada hari sabtu 28 November 2020, terdapat beberapa wilayah yang terdampak banjir dengan rincian, Kecamatan Sei Rampah terdapat 3.212 KK dan 157,9 HA sawah, Tebing Tinggi 721 KK dan 158 HA sawah, Dolok Merawan 39 KK dan 80 HA sawah, Bandar Khalipah 160 KK dan 45 HA sawah, Tanjung Beringin 169 KK dan 1.381 HA sawah, Tebing Syahbandar 30 KK dan 55 HA sawah,  Sei Bamban 250 KK dan 350 HA sawah, Sipispis 125 KK dan 40 HA sawah dan Kecamatan Dolok Masihul 225 KK dan 107 HA sawah,” beber Irman sembari menambahkan, untuk korban bencana angin puting beliung yang juga terjadi pada hari yang sama, terdapat 114 rumah warga di Desa Sei Bamban, kilang padi serta kantor Desa Gempolan yang ada di Kecamatan Sei Bamban mengalami rusak akibat diterjang oleh angin puting beliung.

Namun, lanjut Irman, Pemkab Sergai langsung merespon cepat dengan melakukan beberapa langkah/upaya dalam penanganan banjir seperti meninjau dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Selain itu, sebutnya lagi, Pemkab Sergai mengerahkan dinas terkait untuk melakukan penanganan seperti Dinas Sosial yang menyediakan 1 mobil tangki air, 1 truk evakuasi, tenda keluarga dan menurunkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebanyak 20 orang, BPBD dengan menyalurkan bantuan berupa sembako, menyediakan perahu karet dan menurunkan satgas bencana. Untuk Dinas PUPR melakukan aksi perbaikan tanggul/jembatan di beberapa Desa, seperti di Mariah Padang, Bahsumbu, Sibarau, Simalas, Sei Putih dan Sei Belutu. Begitu pun dengan Dinas Kesehatan yang sudah membuat posko kesehatan serta melakukan koordinasi dengan Camat dan Kades di wilayah terdampak banjir. 

Selain itu, Irman pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubsu atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang dapat disalurkan untuk meringankan beban masyarakat. “Pada hari ini kita juga menerima bantuan sebanyak 5.000 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di 9 Kecamatan,” jelasnya.

Selanjutnya, Irman menyinggung perihal pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sesaat lagi akan digelar. Ia menyebutkan, selaku Pembina Kepegawaian, ada beberapa langkah strategis yang telah dilakukan dalam rangka menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Sergai, antara lain bahwa seluruh jajaran ASN telah mengikuti kampanye virtual gerakan nasional netralitas ASN melalui aplikasi zoom meeting. Kampanye virtual ini, sebutnya, secara terpusat dilakukan dari Jakarta dengan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI, K. H. Ma’ruf Amin dan Komisi ASN. “Diharapkan melalui langkah-langkah tersebut dapat mendukung pelaksanaan pesta demokrasi yang sukeses, berjalan damai dan kondusif di Kabupaten Sergai,” ungkapnya.

Terkait percepatan penanganan Covid-19, Pjs. Bupati melaporkan, perkembangan situasi Covid-19 di Kabupaten Sergai sampai hari ini meliputi jumlah kasus konfirmasi  sebanyak 279 kasus, yang terdiri dari 204 orang sudah sembuh dan 62 orang dalam perawatan maupun isolasi mandiri serta 13 orang meninggal dunia. Sedangkan persentase jumlah kesembuhan (recovery rate) di Kabupaten Sergai kata Irman mencapai 73,12 % dengan tingkat kematian (mortality rate) yakni 4,6 %. Untuk itu sebutnya lagi, masih terus ditingkatkan upaya-upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 yakni melalui 3M (Memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan pakai sabun) terus disosialisasikan sampai hari ini.

“Berbagai upaya penanganan atas kasus Covid-19 juga terus dilakukan melalui 3T yaitu, tracing, testing, dan treatment. Setiap hari terus dibuka layanan swab melalui Dinas Kesehatan, khususnya bagi kontak erat kasus konfirmasi Covid-19 sehingga dapat dilakukan pencegahan dan segera mendapatkan perawatan maupun isolasi mandiri sesegera mungkin,” paparnya.

Irman juga menyampaikan rasa terima kasih atas keterlibatan Pemprovsu dalam proses percepatan penanganan Covid-19 di Sergai, salah satunya lewat bantuan yang diberikan beberapa waktu lalu yang terdiri dari seratus ribu masker, cuci tangan portable, hand sanitizer spray, sabun cuci tangan cair, face shield, disinfektan yang telah disalurkan kepada masyarakat khususnya pengelola tempat umum dan pusat keramaian dan di sela-sela kegiatan pemerintahan, juga terus dilakukan pembagian masker bagi masyarakat yang belum disiplin dalam menggunakan masker.

“Selain pendistribusian bantuan, edukasi dan koordinasi terus dilakukan kepada pihak Kecamatan dan Desa serta mengingatkan para pelayan masyarakat untuk terus menghimbau masyarakat agar displin protokol kesehatan saat beraktivitas. Pengawasan penerapan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 juga dilakukan atas tempat wisata seperti pengelola wisata pantai yang saat ini sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat untuk terus berinisiatif meningkatkan standart kebersihan tempat wisata dan mewajibkan pengunjung terus menggunakan masker dan menjaga jarak,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Gubsu H. Edy Rahmayadi menyampaikan kalau kedatangannya hari ini bersama Pangdam I/BB, diawali dengan meninjau dapur umum dan lokasi banjir di Gang Kancil Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada 9 Kecamatan se-Sergai yang terdampak bencana alam bertempat di Halaman Masjid Agung, Sergai.

Dirinya menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa terhadap masyarakat Sergai yang menjadi korban dalam bencana alam ini. Namun Edy tetap memberikan semangat dan motivasi agar masyarakat terdampak dapat segera bangkit dari keterpurukan. 

“Kita semua harus selalu bersyukur dengan keadaan kita. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari segala mara bahaya. Kita juga jangan hanya melihat sisi buruk dari bencana ini saja, namun juga hal-hal apa yang mesti kita perbaiki lagi untuk kedepannya,” kata Edy.






Pun dalam kesempatan ini, Gubsu menyampaikan pentingnya netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti. “Kepada seluruh masyarakat silahkan memilih sesuai keinginan hati untuk pembangunan Sergai lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin menyampaikan, dalam proses penanganan bencana alam, pihaknya akan memperlakukan seluruh warga dengan cara yang adil dan tanpa ada perbedaan. “Kami siap bersama masyarakat, baik dalam suka maupun saat-saat kedukaan seperti sekarang,” jelas Pangdam yang baru 2 hari bertugas di Kodam I/BB ini.

Pangdam juga mengajak masyarakat berserah diri kepada Allah SWT dan jangan menjadi orang merugi sehingga apapun yang dikerjakan hari ini bisa lebih baik dari kemarin. “Insya Allah dengan ikhtiar dan tawakal, kita bisa menghadapi seluruh tantangan yang ada dengan baik,” tutupnya. Dalam kegiatan ini, turut hadir para Kepala Dinas Provinsi, Sekdakab Sergai Drs. H. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Kepala OPD Sergai serta para Camat dan undangan lainnya. (Alfian Haris)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: