Danyonmarhanlan I Ikut Serta Patroli Gabungan TNI-Polri Dan Pemko Medan

Share it:


Medan, JournalisNews.com -
Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020,

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) I Letkol Marinir Farick M.Tr, Opsla ikut serta dalam kegiatan patroli gabungan TNI-Polri dan Pemko Medan.


Kegiatan patroli gabungan dengan mengabil start di depan Makodim 0201/ BS Jalan Pengadilan Kecamatan Medan Petisah Tengah, Selasa (08/12/2020) pagi.


Patroli gabungan TNI-Polri dan Pemko Medan di awali dengan kata sambutan dari Pangdam I/BB dilanjut dengan laporan perwira yang di tunjuk, pembacaan doa, arahan Kapolda Sumut dan arahan Pangdam I/ BB. Selanjutnya dengan pelepasan patroli gabungan oleh Pangdam I/BB dan bersama Kapolda Sumut.


Titik start patroli gabungan di awali dari jalan pengadilan depan Makodim 0201/BS Lapangan Merdeka, di lanjut patroli bergerak menuju Jalan Stasiun Kereta Api, Jalan M.T Haryono, Jalan Wahidin, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Halat, Jalan S.M Raja, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ir. Juanda dan berakhir di Jalan Mongonsidi Medan Polonia. 

Usai pelaksanaan kegiatan patroli dilanjutkan acara makan siang bersama rombongan patroli gabungan di restoran Garuda jalan Pattimura Medan Baru.

Dikesempatan itu, Kapoldasu dalam arahannya menegaskan,Patroli gabungan TNI-Polri dan Pemko Medan ini untuk memberikan rasa aman dan menciptakan kondusifitas di wilayah ibukota Provinsi Sumut.Patroli gabungan skala besar ini serentak dilakukan di 33 Kabupaten dan kota di Sumut yang menggelar Pilkada Serentak 2020. Selain itu, patroli ini juga sebagai wahana untuk menghimbau warga menggunakan hak politiknya dalam memilih calon kepala daerah.

Lanjut Kapoldasu, personel pengamanan Pilkada serentak 2020 di 33 Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara ini sudah digeser ke lokasi TPS hingga lokasi paling jauh di ke pulau Nias. Kapolda berharap, pelaksanaan Pilkada 2020 di wilayah Sumut berlangsung tertib, lancar dan kondusif, serta tidak terpengaruh situasi politik di Jakarta.

"Mudah-mudahan suasana di Jakarta tidak berimbas ke Sumut, personel TNI-Polri di wilayah Sumut siap mengamankan Pilkada. Siapapun yang menghalangi akan ditindak tegas. Tidak boleh ada pihak manapun yang menghalangi hak politik setiap warga," harapnya. 

Sementara itu, dalam arahannya Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM. menegaskan, TNI dari tiga Matra di jajaran Kodam I/BB siap mendukung operasi pengamanan Pilkada serentak 2020 di wilayah Sumut.Melalui patroli ini, kami memberi keyakinkan agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dan tetap laksanakan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kepada seluruh personel pengamanan Pilkada, Pangdam meminta untuk melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan Tupoksi masing-masing.Mari kita jadikan tugas ini sebagai amal ibadah, dan tetap bersinergi serta berkoordinasi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tanpa kendala," kata Kapoldasu.

Pangdam juga menjelaskan, patroli gabungan skala besar ini juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial di masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integritas bangsa."Hal ini yang harus kita waspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumut, khususnya Kota Medan dan sekitarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Danlantamal I yang di wakilkan oleh Asisten Ops Danlantamal I,PJU Kodam I /BB, PJU Polda Sumut, Pangkosek Hanudnas III, Dandim 0201/BS, Kapolrestabes Medan didampingi Kabag Ops Polrestabes Medan, Danyonmarhanlan I,Danyon KO Paskhas 469,Danyon Kav Naga Karimata,Danyon Arhanudse 11/BS,Danyon Armed 2/105,Danyon Zipur 1/BB,Danyon Raider 100.

(Abd Halil/BA Intel Yonmarhanlan I)
Share it:

Medan

Post A Comment:

0 comments: