Yonmarhanlan I ikuti Gelar Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Provinsi Sumut Tahun 2020

Share it:



Medan, JournalisNews.com - Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I dengan dipimpin Letda Marinir Budi Sukardi  ikuti gelar kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 bertempat di Mako Polda Sumut Jalan Sisingamangaraja Km 10,5 No. 60 Medan. Senin (09/11/2020).

Adapun peserta apel gelar tersebut diikuti dari berbagai instansi antara lain dari TNI AD, TNI AL (Yonmarhanlan I), TNI AU,  Polda Sumut, Satpol PP Provinsi Sumut, Basarnas dan  BNPB.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang bertindak sebagai pengambil apel dalam amanatnya mengucapkan," terimakasih dan apresiasi kepada Kapolda Sumut yang telah memprakarsai kegiatan untuk mengatasi bencana alam di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kita mendapat tugas di Provinsi Sumatera Utara agar tetap terjaga, siaga dan bisa menghadapi tantangan dengan sebaik-baiknya, apel ini untuk mengingatkan kita untuk bencana alam dan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi.

Ada 3 kata kunci pegangan kita untuk mengantisipasi bencana alam, yaitu yang pertama Siaga diartikan sebagai langkah menyiapkan seluruh potensi yang dimiliki, yang kedua Tanggap bermakna untuk memantau dengan dekat perkembangan cuaca dan yang ketiga Galang bermakna dalam menghadapi bencana dan kita harus mempunyai kemampuan untuk menggalang kekuatan.

Dalam hal ini antisipasi kita menjadi penting, sesuai dengan informasi prakiraan cuaca dan Badan Metrologi Kriminologi dan Geofisika (BMKG), yang berdampak pada tingginya curah hujan sampai 40% dari kondisi normal yang berpotensi banjir dan longsor.





Kami harapkan apabila bencana terjadi maka tidak ada korban dan dipastikan semua selamat, dengan apel ini kami berharap status siaga ini untuk merespon seluruh seluruh kondisi yang ada di Sumatra Utara dan siap untuk menggalang kekuatan, mari sama sama kita berdoa da berikhtiar semoga kita dibebaskan dari bencana.

Apel ini adalah wujud tanggung jawab dan solidaritas antar institusi untuk mengantisipasi bencana alam di wilayah Sumut," kata Gubernur Sumut. "Tentunya semua unsur-unsur dari Kepolisian unsur TNI unsur provinsi harus Solid dan bahu-membahu serta saling support dalam memastikan perlindungan di Provinsi Sumatera Utara berlangsung dengan baik,"sambungnya. Usai melaksanakan apel, Gubernur Sumut didampingi Kapolda mengecek langsung persiapan pasukan, kendaraan dan alat-alat yang akan digunakan dari personil gabungan yang terlibat. (Abd Halil)

Share it:

Medan

Post A Comment:

0 comments: