Tokoh Muda Bicara: "Kunci Sukses Wartawan Harus Memiliki Wawasan Ilmu Yang Cukup Dan Miliki UKM"

Share it:

Rion Aritonang,SH (foto,Ist)

Medan Labuhan, JournalisNews.com - Seorang wartawan harus bijak dan berwawasan dengan ilmu pengetahuan dalam menciptakan sebuah isi berita yang mengandung pengetahuan dan pendidikan bagi pembacanya.



Hal tersebut disampaikan Rion Aritonang,SH tokoh muda asal Medan Utara saat ngopi bareng awak media Medan Utara di kantin Mapolsek Medan Labuhan jalan Titi Pahlawan No.1 Medan Labuhan, Jumat (6/11/2020).


Dikata Rion lagi, seorang wartawan dituntut untuk bisa menghafal segala macam bentuk Undang-Undang, gunanya bagi wartawan yang bersangkutan agar dapat menciptakan sebuah berita yang bermutu dan berkualitas karena memiliki dasar Undang-Undang dalam setiap persoalan yang diangkat disebuah pemberitaan.


"Wartawan harus memiliki wawasan ilmu pengerahuan yang cukup, contohnya kalau membuat berita setidaknya kita sebagai wartawan harus tahu persoalan yang diangkat dalam berita melanggar Undang-Undang atau peraturan yang ada," ujar Rion.


Diakhir penyampaiannya pangacara muda itu memberikan tips untuk menjadi seorang wartawan yang sukses dan handal dalam melaksanakan profesinya, setidaknya harus meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi sampai Universitas. Dan tak kalah pentingnya seorang wartawan setidaknya bisa memiliki usaha sampingan seperti usaha kecil menengah (UKM).


"Usahakanlah kita sebagai wartawan bisa menuntut ilmu sampai jejang Universitas. Dan usahakan juga bisa memiliki usaha sampingan (wirausaha), gunanya agar kita tidak menjadi wartawan yang hanya mengharapkan recehan saja. Karena sudah memiliki penghasilan untuk kehidupan kita," tutup Rion Aritonang yang juga mantan Jurnalis diberbagai macam media massa itu.


Liputan,Abd Halil
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: