Polres Batu Bara Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

Share it:



Batu Bara, Journalis News.com - Kapolres Batu Bara bersama unsur muspida gelar apel kesiapsiagaan bencana alam di wilayah Kabupaten Batu Bara di halaman Mapolres Batu Bara, Jumat (06/11/2020). 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Batu Bara diwakili oleh Wakil Bupati Batu Bara H. Oky Iqbal Frima SE, Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara diwakili oleh Citra Muliadi Bangun, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH bersama Dandim 0208/As diwakili oleh Kapten Inf N.Panjaitan, Danlanal Tanjung Balai Asahan diwakili oleh Lettu Dody K, Danyon 126/KC MAYOR Dwi Widodo, SH, M.Hum, Kapospol Air Tanjung Tiram IPDA SIhombing, para OPD Pemerintahan Kabupaten Batu Bara,

Diikuti peserta Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam kabupaten Batu Bara, 2 Pleton TNI AD,1 Pleton Staf Polres Batu Bara,1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Intel dan Reskrim,1 Pleton Polsek jajaran,1 Pleton Sat Pol PP, 1 Pleton Damkar,1 Pleton BPBD, 1 Pleton tenaga Kesehatan,1 Pleton Dishub, Dinsos dan Dinas PU.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima SE, menyampaikan sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan, bahwa bencana adalah serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh alam atau manusia yang dapat mengakibatkan jatuhnya korba jiwa dan harta benda, kerusakan lingkungan hidup, sarana dan prasarana, fasilitas umum serta mengganggu tata kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Maka pengelolahan bencana bukan suatu kegiatan yang bersifat mendadak hanya untuk tanggap darurat bencana saja akan tetapi meliputi berbagai aspek baik sebelum bencana (PRA BENCANA) pada saat bencana dansetelah bencana (PASCA BENCANA) itu sendiri.

Kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu BMKG telah mengingatkan tentang fenomena "LA NINA" yang diperidiksi akan berlangsung mulai dari Oktober 2020 sampai dengan Maret 2021 Indonesia merupakan negara yang akan merasakan dampak "LA NINA" tersebut Fenomena "LA NINA" akan menimbulkan angin kencang dan peningkatan intensitas hujan sampai dengan 40%.

Untuk menghadapi kondisi tersebut dibutuhkan kerja sama dari semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mitigasi bencana alam yang akan terjadi,perlu digalang kekuatan antar instansi pemerintah daerah, POLRI, TNI, pihak swasta, dan seluruh masyakat karena menjaga alam ini merupakan tanggung jawab bersama. Tutup wabup

Sementara Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH mengatakan, dalam persiapan penanggulangan bencana alam ini Polres Batubara dan TNI  akan selalu siap dalam segala hal. Baik pada saat terjadi bencana maupun persiapan antisipasi bencana.

Kami telah mempersiapkan berbagai hal, mulai dari perlengkapan bantuan sampai ke penyuluhan masyarakat disaat terjadinya bencana alam nanti. Kita akan selalu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan akan terus berkoordinasi untuk penanggulangan bencana kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana nantinya,” tandas Kapolres AKBP Ikhwan. (Dani)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: