Panwaslu Kecamatan Resmi Lantik 54 Pengawas TPS Se Kecamatan Bandar Masilam

Share it:



Bandar Masilam, JournalisNews.com - Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM)  Bandar Masilam melantik 54 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Balai Pertemuan Kantor Camat Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Senin (16/11/2020) sekira pukul 10.00 Wib.

Pelantikan dipimpin Ketua Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam, Kordiv Penanganan Pelangaran (PP) Saparuddin sirait SH (ketua), didampingi Kordiv pengawasan hubungan dan lembaga (PHL) Hairul Yuptihar Hsb dan Organisasi Sumber Daya Manusia (OSDM) Syahdan Saragih,
 
Dalam pelaksanaan pelantikan tersebut turut dihadiri Camat Bandar Masilam yang diwakilkan Ida Royani Damanik, S.Pd, M.AP,  Kapolsek Perdagamgan diwakilkan Bripka Sukisno, mewakilii Danramil Perdagangan Serka Selamat Riadi, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ketua diwakilkan Sudarwias, serta seluruh 10 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se Kecamatan Bandar Masilam, 

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, Pengucapan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh masing-masing rohaniawan dan ditandai dengan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan perwakilan pengawas TPS untuk menjaga integritasnya selama penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam Saparuddin Sirait SH menerangkan, bahwa Pengawas TPS memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Simalungun  yang akan dilaksanakan,pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang. Pasalnya pengawas TPS ini merupakan garda terdepan di Pilkada.

Mengingat pemilihan tinggal beberapa hari lagi kita melakukan pengawasan sesuai dengan UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan, Bupati dan Walikota, pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi penghitungan suara dan mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,”terangnya.
 
Masih dari Ketua Panwascam Bandar Masilam menghimbau kepada para Pengawas TPS agar dapat melakukan pengawasan secara optimal dan menjaga integritas berani dan jujur dalam menjalankan tugas.

“Kami mengharapkan Petugas TPS dapat mengawasi tahapan persiapan pemungutan suara, mulai pendistribusian logistik, penyebaran C6, pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil perolehan suara,” harapnya.

Sementara Kordinator Divisi (Kordiv) Penindakan Pelanggaran (PP) Saparuddin, Sirait SH,  dalam materi bimbingan teknis (Bimtek) menerangkan kepada Pengawas TPS agar lebih mendalami lagi, memahami tugas, kewajiban dan wewenangnya sebagai Pengawas TPS.








"Pengawas TPS terlebih dahulu harus mengetahui apa tugas, kewajiban dan kewenangannya, apabila ada temuan dugaan pelanggaran di lapangan mohon buat dokumentasi, foto, rekam dan siapa terduga pelaku dan saksinya perlu dicatat, sampaikan kepada kami agar kami melakukan penindakan tegas,”jelasnya.  

Masih Saparuddin Sirait mengharapkanPengawas TPS harus jeli dan teliti melakukan pengawasan serta berani menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran kesalahan dan penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara.

Kita harus jeli dan teliti melakukan pengawasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan bukti bahwa kita serius melaksanakan tugas demi suksesnya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Simalungun 2020 nantinya,”pungkas Saparuddin. (J. MK)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: