Sambut HUT TNI ke-75, Yonmarhanlan I Sinergi Bersama ABB dan Forkopimca Gelar Gotong Royong Bersih Sampah

Share it:

Belawan, JournalisNews.com - Dalam rangka peringatan HUT TNI ke-75, Yonmarhanlan I bersama Anak Belawan Bersatu serta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di Lingkungan dan Drainase di wilayah Belawan.

Bakti lingkungan ini dilakukan guna mendukung program Pemerintah Pusat terhadap percepatan perkembangan dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pusat obyek wisata Bahari Kecamatan Medan Belawan.



Salah satu langkah kecil untuk menarik wisatawan dengan memerangi sampah agar lingkungan obyek wisata nyaman dikunjungi dan terbebas dari polusi serta bau tak sedap.

Sebagai prajurit negara, TNI AL khususnya Batalyon Marinir bersama Kepolisian, ABB dan Firkopimca memiliki kepedulian itu dan membangun kesadaran warga untuk bergotong-royong menjaga lingkungan yang bersih indah asri.

“Bakti bersih sampah ini kita gelorakan untuk mengajak masyarakat tetap dan terus membersihkan lingkungan dari sampah berbagai jenis, baik di pesisir pulau maupun di wilayah daratan. Karena Belawan ini telah mewakili kepentingan Indonesia untuk dunia," Ujar Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal 1 Belawan Letkol Marinir Farick MTr Opsla saat pembukaan Gerakan Belawan Bebas Sampah di Mako Sarang Petarung Belawan. Jumat (02/10/2020).




Sanitasi baik juga mendukung lingkungan sehat sehingga masyarakat terhindar dari berbagai macam ancaman virus, termasuk Covid-19 yang kian mengancam kehidupan umat manusia secara global.

Untuk itu, Letkol Marinir Farick meminta masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan taat berdisiplin.

“Lingkungan sehat, virus menjauh, yang terpenting taat dan patuh pada Protokol Kesehatan. Corona tidak mengenal status dan jabatan, mari kita tertib berdisiplin,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Letkol Farick,
dukungan penuh untuk kegiatan yang akan dilakukan oleh Anak Belawan Bersatu (ABB), atas inisiasi yang cukup luar biasa.

"Saya mendukung penuh untuk kegiatan yang diinisiasi oleh ABB, kegiatan ini cukup bagus dan saya siap untuk memfasilitasi dan suport kegiatan ini apalagi kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan HUT TNI," ujar Orang nomor satu di Yonmarhanlan 1 itu

Menurut Letkol Farick, kegiatan itu merupakan langkah konkret memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan. Apalagi persoalan sampah di Belawan menjadi salah satu fokus pemerintah Kecamatan Medan Belawan.

"Ini salah satu bentuk partisipasi TNI khususnya Yonmarhanlan I untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun begitu, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah berikutnya," kata Letkol Farick.

Oleh karena itu, Danyon Marinir mendesak agar Pemko Medan segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, mendorong Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup membuat tempat sampah sebanyak-banyaknya.

"Sehingga saat kita melarang orang buang sampah sembarangan, sudah ada solusinya, ada tempat (sampah)-nya. Lha kalau saya melarang jangan buang sampah tapi tempatnya tidak ada, kan gimana," tandas Letkol Farick.

Asisten Umum Pemko Medan , Renward Parapat Atmd dalam sambutannya mengungkapkan kebersamaan dan bergotong–royong memerangi sampah merupakan niat bersama, sehingga semua warga paham untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah harus dibuang pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Dalam membersihkan sampah di Belawan, TNI dan Pemerintahan khususnya Pemko Medan mengajak warga untuk jaga kelestarian lingkungan masing–masing," ujar Renward Parapat.

Lebih lanjut dikatakannya, aksi bersih pantai dan pinggir laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas.

"Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemda yang sangat minim. Semoga apa yang kita laksanakan bersama ini bisa membawa manfaat untuk kebaikan bersama,” tandasnya.

Ketua Anak Belawan Bersatu Dedi Satria Ainal mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemko Medan dan khususnya Danyonmarhanlan I Belawan serta seluruh masyarakat di Kecamatan Medan Belawan dalam pelaksanaan kegiatan Gerakan Belawan Bebas Sampah ini.

Untuk diketahui bahwa kegiatan bersih sampah ini dilakukan serentak di seluruh wialayah Kecamatan Medan Belawan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 75 TNI.

"Khususnya Belawan sebagai destinasi wisata Bahari harus tetap dalam kondisi bersih agar terlihat lebih asri dan nyaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara," ujar Dedi.

Selain itu, Dedi juga mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dan bersih yang diawali dari diri sendiri dan keluarga.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan untuk kegiatan ini karena TNI-Polri satu visi dalam rangka peduli terhadap lingkungan. Kita akan terus bahu membahu untuk menciptakan kondisi Medan Belawan yang bersih dan bebas sampah," terangnya.

Dia berharap, ke depan kegiatan ini bisa dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada di Kecamatan Belawan ini.

"Belawan itu Asri, belawan itu Indah dan belawan itu nyaman. Mari kita semangat menjaga kota belawan ini bersama TNI. TNI kuat bersama Rakyat," tambahnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Danyonmarhanlan I juga memberikan Plakat (cendera mata) kepada Asisten Umum Pemko Medan, Renward Parapat dan juga memberikan sembako kepada abang becak binaan Yonmarhanlan dan foto bersama.

Ikut serta dalam kegiatan, Kapolres Pelabuhan Belawan, Danpomal diwakilkan, Pasiops Yonmarhanlan I Danramil Belawan, Kapolsek Belawan, Camat Belawan, Prajurit Yonmarhanlan I, Seluruh Lurah Kecamatan Belawan, seluruh Kepling Belawan dan Anak Belawan Bersatu.

(Abd Halil)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: