Polres Pelabuhan Belawan Tangani Aksi Unjuk Rasa Elemen Buruh Secara Humanis

Share it:



Mabar, JournalisNews.com - Massa dari Aliansi Serikat Buruh/Pekerja Kota Medan sebanyak 400 orang terdiri dari DPC PPMI Kota Medan, DPC SBSI – LOMENIK, DPC SBSI – KIKES, dan DPC SBMI meenggelar aksi unjuk rasa, Senin (12/10/2020) pukul 09.00 Wib

Dengan koordinator Aksi Rintang Brutu, SH, Ponijo, Hera Yunita Siregar, S.Sos dan Indra Hariadi Nst dengan titik kumpul massa di pintu Masuk KIM 1 Jalan Yos Sudarso Kecamatan Medan Deli, kemudian massa bergerak menuju Bundaran KIM 2 Mabar, kemudian melakukan orasi dengan menyampaikan tuntutan, menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja dan batalkan RUU Omnibus Law.

Setelah massa melakukan Orasi di Bundaran KIM 2 Mabar, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr. Mhd. R. Dayan, SH, MH didampingi oleh Waka Polres dan Kasat Intel melakukan koordinasi dengan para ketua buruh, dengan kesepakatan, agar massa buruh tidak memasuki KIM 2 dan tidak melakukan aksi Unras ke kota Medan dengan sasaran aksi Gedung DPRD Sumut dan Gubsu. Polres Pelabuhan Belawan akan mengantar perwakilan dari Ketua Buruh berangkat ke Kantor Gubsu untuk menyampaikan aspirasinya dan massa buruh cukup berunjuk rasa di KIM 2 Mabar.

Atas koordinasi tersebut, kemudian Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra, SH, MH naik ke mobil komando dan memberikan himbahuan agar massa tetap di KIM saja tidak aksi ke Medan guna mengantisipasi bentrok dengan massa dari aliansi mahasiswa dan menghindari terjadinya penyebaran Covid-19, Waka Polres meminta agar massa dapat mematuhi protokol kesehatan.

Untuk menunggu perwakilan yang ke kantor Gubsu, massa diarahkan untuk menunggu dan berorasi di depan wisma KIM 2 Mabar agar tidak mengganggu arus lalulintas di Kawasan Industri, kemudian pihak Polres Pelabuhan Belawan yang dipimpin langsung oleh Kapolres melakukan kegiatan pembagian masker, air mineral serta makan bersama dengan para pengunjuk rasa dengan suasana keakraban dan kebersamaan.






Pada pukul 15.00 Wib, setelah dilakukan koordinasi dengan para ketua serikat yang berangkat ke kantor DPRD Sumut dan menjelaskan bahwa aksi sudah selesai tanpa diperolehnya solusi alias hasil, selanjutnya masing-masing ketua serikat mengintruksikan massanya untuk bubar kembali kerumah masing-masing sedangkan rencana aksi lanjutan untuk pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2020 tidak akan dilakukan

Selama giat pengamanan aksi Unras berlangsung, situasi dalam konisi aman dan kondusif, dengan perkuatan pengamanan sebanyak 360 personil dengan 328 orang Polres Pelabuhan Belawan dan 32 orang Direkorat Polair Polda Sumut. (Abd Halil) 
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: