Petugas Gabungan Bersama Forkompincam Medan Deli Laksanakan Ops Yustisi

Share it:
Petugas Satpol PP kota Medan memberikan hukuman fisik kepada masyarakat yang tidak memakai masker (foto,Ist)

Medan Deli, JournalisNews.com - Dalam rangka percepatan penanganan Covid- 19 oleh Polsek Medan Labuhan  beserta Satpol PP Kota Medan dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Medan Deli melakukan Operasi (Ops) Yustisi penerapan "Gerakan Ayo Pakai Masker" kepada masyarakat kota Medan dan sekitarnya.

Kegiatan Operasi Yustisi dalam rangka pelaksanaan razia masker dengan tujuan percepatan penanganan Covid-19, dengan mengambil titik lokasi operasi Jalan Pematang Pasir Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli. Kamis (1/10/2020) pukul 10.00 Wib. 




Camat Medan Deli Feri Suheri,S.Sos melalui Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Sahputra di temui JournalisNews.com disela - sela kegiatan operasi berlangsung menjelaskan operasi Yustisi dilaksanakan berdasarkan Pergub No. 34 tahun 2020 tentang peningkatan Disiplin Masyarakat dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid- 19 di Propinsi Sumatera Utara. Selain itu juga mengacu kepada Peraturan Wali (Perwal) kota Medan No. 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Dengan kedua peraturan diatas, tujuan dilakukannya Operasi Yustisi yakni untuk melaksanakan razia penggunaan masker agar masyarakat dapat disiplin dan mengikuti protokol kesehatan serta sadar akan bahaya Covid- 19. Maksut dan tujuannya agar masyarakat terhindar dari Covid- 19 sekaligus mencegah penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 di Lingkungan Masyarakat," beber Hendra Sahputra.

Masih menurut Hendra Sahputra mengatakan apabila kedepannya para  pelanggar masih ditemukan tidak menggunakan masker akan dikenakan sanksi berupa denda administrasi sebesar Rp 100.000 (Seratus Ribu Rupiah), teguran lisan, teguran tertulis, sampai dengan penutupan tempat usaha.

"Target sasaran Operasi Yustisi atau razia masker kepada masyarakat khusus pengguna Jalan dan pengendara kenderaan bermotor dan masyarakat  pedagang serta pembeli yang sedang berbelanja di Pajak  yang tidak menggunakan masker. Selain itu juga petugas gabungan sekaligus memberikan himbauan pemerintah guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid- 19," tutup Hendra mengakhiri penjelasannya.

Sementara itu amatan awak media ini dilokasi Operasi berlangsung turut hadir dalam kegiatan itu Perwira Pengawas (Pawas) Polsek Medan Labuhan Iptu Edy Surya dan anggota Piket Fungsi, Kanit Binmas Iptu Idar Sitanggang, Kasie Trantib Kecamatan Medan Deli Hadiyanto, Satpol PP Pemko Medan, Dinas Perhubungan Pemko Medan, Lurah dan Kepling serta Linmas se-Kecamatan Medan Deli.

Masih dikesempatan yang sama, Kasie Trantib Kecamatan Medan Deli Hadiyanto menjelaskan "hasil dalam pelaksanaan Operasi Yustisi terjaring masyarakat yang tidak menggunakan masker sebanyak 25 (Dua Puluh Lima) orang. Selanjutnya diberikan sanksi atau hukuman tindakan fisik berupa Push Up, selanjutnya masyarakat tersebut masing - masing diberikan masker," kata Hadiyanto.

(Abd Halil)
Share it:

Post A Comment:

0 comments: