Pemkab Karo Terima Bantuan Tambahan Ambulance 6 Unit dari Kemenkes RI

Share it:



Karo, JournalisNews.com - Untuk membantu sekaligus memenuhi pelayanan tenaga medis kesehatan di setiap puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabubaten Karo, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali menyerahkan 6 unit bantuan kendaraan jenis ambulance kepada dinas kesehatan Kabupaten Karo, Rabu (07/10/2020).

Sebelumnya, Pemkab Karo telah menerima bantuan kendaraan ambulans sebanyak 17 unit pada tahun 2019 dari Kemenkes RI. Tindaklanjut tersebut, hari ini Pemkab Karo diberikan tambahan mobil ambulance lagi, hal ini disampaikan Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Meliala, dengan adanya bantuan ambulance tersebut itu, pihaknya telah memenuhi amanat Permenkes 43 tahun 2019 bahwa setiap puskesmas memiliki satu mobil ambulance dan satu mobil Puskesmas Keliling (Pusling).

“Jadi saat ini puskesmas kita sudah memiliki ambulance di 17 Kecamatan sebanyak 23 Ambulance. Namun ada beberapa puskesmas yang mendapat 2 Ambulance mengingat faktor dan kondisi wilayah, sehingga mereka diberikan tambahan alat sarana transportasi, sebab sebelumnya kita ajukan 38 unit dan masih teralisasi 23 unit,” ujarnya.

Lanjut Irna menambahkan 6 kendaraan tersebut akan diterima oleh puskesmas Kecamatan Juhar 1 unit, Kecamatan Kutabuluh 1 unit, Kecamatan Merdeka 2 unit, Kecamatan Munte 1 unit sedangkan Kecamatan Lau baleng 1 unit.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH saat menyerahkan 6 unit mobil ambulance kepada Kepala Puskesmas, tidak lupa menyebutkan pertama kepada Kemenkes RI untuk berterimakasih telah merespon kebutuhan tenaga medis kesehatan yang bekerja melayani ditengah tengah kehidupan masyarakat di Kabupaten Karo.

“Hal ini juga berkat, komunikasi dan kepedulian dinas kesehatan Kabupaten Karo dalam mengikuti perkembangan yang ada, sehingga tuntutan pelayanan kesehatan khususnya di tingkat kecamatan butuh kendaraan ambulance dan pusling (puskesmas keliling) telah tercapai dan patut kita apreisasi dinas terkiat yang bekerja dengan tulus,” jelasnya.

Lebih lanjut Terkelin menekankan agar penggunaan mobil ambulance dan Pusling dirawat dengan baik dan hindari penggunaan untuk kepentingan pribadi. “Inilah kebanggaan bagi tenaga medis, disaat transportasi sarana untuk bekerja dilapangan sudah memenuhi, maka pelayanan semakin baik dan apa yang telah diberikan negara ini. Maka wajib dimanfaatkan demi kemanusiaan ini paling utama,” tegasnya.

Sambungnya, penyerahan ini sifatnya seremonial yang saya lakukan, namun terpenting tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, setelah ini lengkapi adminiterasi dan prasarana pengoperasian sehingga kemudahan dalam pelayanan. (Charles Sitanggang)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: