Kapolres Simalungun Kembali Ingatkan Para ABK Selalu Waspada dengan Cuaca Ekstrem

Share it:



Simalungun, JournalisNews.com - Cuaca ektrim belakangan ini yang mengakibatkan angin kencang dikhawatirkan dapat menganggu aktivitas di perairan Danau Toba. Untuk itu, diminta agar masyarakat selalu waspada, khususnya mereka yang beraktivitas di danau.

Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Resor Simalungun AKBP, Agus Waluyo, S.I.K., Minggu (18/10/2020). “Belakangan ini, cuaca di daerah kita agak ekstrim, gelombang tinggi dan angin kencang mulai datang di kawasan Danau Toba, ada angin kencang di saat sore hingga malam hari. Kita khawatir, kondisi ini rentan bencana, khususnya aktivitas di danau,” kata AKBP Agus.

Untuk itu, kepada pengusaha kapal, baik kapal penumpang, kapal nelayan, ataupun kapal barang agar selalu memperhatikan kondisi alam saat berlayar, melakukan pengecekan terhadap kelayakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang merupakan transportasi jalur Danau Toba di Pelabuhan Tigaras yang merupakan pelabuhan di wilayah Simalungun.

“Kalau situasi cuaca sedang buruk, jangan dipaksakan. Kemudian, selalu lengkapi peralatan sefti di kapal. Terlebih kapal penumpang, selain memperhatikan kondisi layak layar kapal, minimal melengkapi pelampung. Semua itu demi kenyamanan dan keselamatan kita,” paparnya.

Kemudian, bagi warga yang berwisata renang di pantai, juga tetap waspada. Jangan berenang terlalu ketengah, dan kalau bisa tetap siapkan sefti. Pengelola wisata perlu memantau dan memberikan arahan kepada pengunjungnya yang sedang berenang,”pintanya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan warga agar memperhatikan situasi pemukiman masing-masing. Manakala ada pohon besar di sekitar rumah warga, yang memungkinkan tumbang akibat diterpa angin, agar segera ditebang.





Sejauh ini memang tidak ada bencana akibat angin kencang belakangan ini. Namun kami dari Kepolisian Resor Simalungun menghimbau agar seluruh masyarakat selalu waspada kemungkinan bencana alam, baik di danau, juga potensi kebakaran mengingat musim kemarau sekarang ini. 

Kapolres Simalungun juga meminta para kapolsek sejajaran polres simalungun yang memiliki wilayah disekitaran danau  toba agar mengingat kan para nelayan atau Masyarakat pengguna danau Toba, untuk selalu waspada dan berhati hati. “Satu lagi, bagi warga yang berpergian, pastikan rumah yang ditinggalkan dalam situasi aman,” katanya. (J. MK/SGN)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: