Bupati Batu Bara Akan Keluarkan Perbup, Setiap Hari Jumat Wajib Kenakan Pakaian Batik dari Hasil Industri Batu Bara

Share it:



Batu Bara, JournalisNews.com - Pembukaan kegiatan Pelatihan Batik Tulis dan Batik Cap Bagi Industry Kecil Menengah yang terdampak Covid-19 serta serah terima bantuan peralatan serta bahan baku batik yang dilaksanakan Ketua Dekranasda Ny Maya Indriasari SE, di aula RM Barokah kecamatan Sei Suka, Selasa (20/10/2020).

Selain Ketua Dekranasda Ny Maya Indriasari turut hadir Kadis Koperindag Achmadan Chair, S.Sos, M.Ap, Camat Air Putih, Camat Laut Tador, Kades Pasar Lapan dan Kades Tanjung Kasau, dan peserta pelatihan membatik.

Pada sambutan Kadis Koperindag menyampaikan, diadakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Batu Bara untuk menunjang perekonomian di bidang industri di masa Pandemi Covid-19. 

Untuk pemasaran penjualan batik, IKM yang berada di Kab. Batu Bara akan bekerja sama dengan Koperasi dan Batu Bara Mart TP-PKK Batu Bara. Nantinya juga Bupati Batu Bara Ir. H Zahir akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk seluruh pegawai Kabupaten Batu Bara setiap Hari Jumat, wajib mengenakan pakaian batik dari hasil karya khas Batu Bara yang dari Industri Batik yang berada di Kabupaten Batu Bara.

Pelatihan berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 20 - 23 Oktober, yang dilaksanakan di aula RM. Barokah. Yang diikuti sebanyak 27 orang pelaku industri batik yang tersebar di berbagai kecamatan. Ujar Achmadan Chair.

Selanjutnya sambutan Ketua Dekranasda Ny. Maya, bahwa batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal sampai mancanegara. Sehingga Dunia melalui UNESCO/PBB telah mengukuhkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage Of Humanity sebagai Peninggalan Budaya Dunia dari Indonesia. 




Oleh karenanya, Dekranasda bersama Dinas Koperindag membuat pelatihan dan pemberian bantuan peralatan dan bahan baku pembuatan batik tulis dan batik cap. Dengan tujuan peningkatan produksi serta pemulihan sektor ekonomi kreatif di tengah merebaknya wabah pandemik Covid-19. 

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan akan tumbuh wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif sehingga dapat bersaing dan dapat memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang untuk pemasaran dan promosi saya akan memfasilitasi dengan mengikutsertakan batik ini ke pameran lokal hingga nasional. (Dani)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: