Upaya Putus Pandemi Covid-19, Pemkab Sergai Gelar Rapid Test dan Swab Massal

Share it:


Sei Rampah, JournalisNews.com - Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Hal ini dapat terlihat dari peta sebaran yang menunjukkan peningkatan kasus konfirmasi positif corona meski juga disertai dengan kesembuhan yang cukup signifikan.

Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebarannya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar test cepat (rapid test) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sergai.

Ungkapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs. H. Akmal, A.P, M.Si di Kantor Dinas Kesehatan Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (16/9/2020).

Tak hanya menggelar rapid test, lanjut Akmal, Pemkab Sergai juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh BPBD Sergai dan menjangkau seluruh kantor-kantor dinas yang ada di Komplek Kantor Bupati Sergai. “Ini merupakan upaya bersama untuk bersinergi mempersempit sekaligus memutus jaring penularan dengan menjalankan protokol kesehatan,” terangnya.

Kadis Kominfo menambahkan, esok, Kamis (17/9/2020), upaya percepatan penanganan Covid-19 di Sergai masih berlangsung, yaitu digelarnya swab massal bagi Kepala OPD/PPT Pratama, Kabag dan Camat Se-Sergai. 

Akmal merinci, kegiatan rapid test dan swab bukan hanya dilakukan bagi jajaran ASN Pemkab Sergai saja, di hari yang sama juga dilakukan rapid test dan swab bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sergai.

Rapid test dan swab massal, sambung Akmal, merupakan hal yang penting untuk dilakukan saat ini, mengingat angka kasus konfirmasi positif di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merangkak naik. Melalui Gugus Tugas, kami akan terus melakukan monitoring terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Sergai," jelasnya.

“Meski kita ditetapkan sebagai zona orange berdasarkan data dari Covid19.go.id/peta-risiko, lanjut Akmal lagi, namun bukan berarti kita harus lengah dan mengendurkan semangat, akan tetapi kita harus tetap waspada, bersatu untuk melawan corona. Tetap terapkan 3 M, yaitu Menggunakan masker saat beraktivitas, Mencuci tangan yang benar dengan sabun, Menjaga jarak (physical distancing), serta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur,” tandas Akmal. 

Kasus Konfirmasi Covid-19 di Sergai Berjumlah 158

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sergai, hingga hari ini kasus konfirmasi Covid-19 berjumlah 158 kasus. Terhitung sejak hari Senin (14/09) sampai Selasa (15/09) kemarin, terjadi pertambahan jumlah warga, baik yang konfirmasi positif Covid-19 dan yang sudah dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Covid-19 Sergai. 

Dimulai pada Senin lalu, 3 orang warga Sergai dikabarkan sembuh setelah menjalani perawatan medis. Identitas ketiganya adalah inisial RN (Lk, 33) dan PA (Pr, 18), keduanya sama-sama berdomisili di Kecamatan Perbaungan dan inisial TNY (Pr, 21) yang merupakan warga Dolok Masihul,” papar Akmal.

Ditambahkan Akmal, dihari yang sama juga dikabarkan 2 orang warga yang berdomisili di Kecamatan Sipispis positif Covid-19 setelah menjalani PCR test. “Kedua warga Sipispis tersebut adalah inisial Z (Lk, 40) dan AKH (Pr, 30). Untuk korban Z, yang bersangkutan merupakan kasus konfirmasi dari laporan BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan), sedangkan AKH adalah korban konfirmasi dari RS Prima Husada Cipta Medan,” jelasnya.





Keesokan harinya tambah Akmal, pertambahan kasus konfirmasi kembali terjadi dan kali ini jumlahnya cukup siginifikan. “Pada hari Selasa lalu, jumlah konfirmasi kasus positif melonjak sebanyak 6 warga. Rinciannya, 4 orang warga Perbaungan, 1 dari Dolok Masihul dan 1 orang dari Kecamatan Sipispis.

Adapun warga yang berasal dari Perbaungan adalah insial YA (Pr, 40) yang merupakan kasus konfirmasi dari Dinkes Provinsi Sumut, SS (Lk, 21) yang merupakan kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Teguh, S (Lk, 65) kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Teguh dan L (Pr, 62) yang merupakan kasus konfirmasi pasien suspek yang sebelumnya dan sampai saat ini dirawat di RS Trianda.

Sedangkan warga Dolok Masihul yaitu, inisial HB (Pr, 24) yang adalah kasus konfirmasi dari Lab RS Murni Teguh dan terakhir warga Sipispis inisial LRN (Lk, 40) kasus konfirmasi dari RS Prima Husada Cipta Medan,” paparnya lagi.

Terkait hal tersebut, Akmal memerinci, perkembangan ini menjadikan total keseluruhan warga Sergai kasus konfirmasi positif Covid-19 menjadi 158 kasus dengan perincian 115 telah sembuh, 38 orang kasus konfirmasi positif sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan dan 5 orang positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia. (Alfian Haris)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: