Upaya Memutus Pandemi Covid-19, Pemkab Sergai Gelar Swab Test Massal

Share it:



Sei Rampah, JournalisNews.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Swab test massal bagi ASN maupun masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, Selasa (08/09/2020).

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal AP, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Dinas Kominfo Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.  

Lanjut Akmal, program swab test massal ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan dan menyasar ke seluruh daerah yang masyarakatnya dinyatakan positif Covid-19. “Program ini langsung turun menyebar ke Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat akan dilaksanakan selama dua hari di tempat yang berbeda. Hari ini dilakukan di Dinas Kesehatan Sergai dan di Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk mengkudu. Sedangkan esok, Rabu (09/09/2020) dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Sipispis dan di Kantor Pengadilan,” terangnya.  

Juru Bicara Gugus Tugas menambahkan, bahwa target swab test massal sebanyak 300-400 orang ASN dan masyarakat Sergai dengan harapan dan tujuan sesuai prinsip, "cari, temukan, isolasi dan obati“, semakin dicari dan semakin banyak yang ditemukan akan semakin gampang untuk memutus mata rantai penyebarannya," ungkap Akmal.

Namun, lanjutnya lagi, kita menyadari bahwa antisipasi masyarakat terhadap virus asal Wuhan ini masih dirasa kurang. Hal ini dikarenakan masih adanya rasa ketakutan, karena jika telah dinyatakan positif maka korban akan dirujuk ke Rumah Sakit (RS) untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Ini yang membuat masyarakat takut dan enggan untuk melakukan swab test, karena jika hasilnya positif, maka akan dijemput oleh petugas RS. Namun bagi masyarakat yang dinyatakan positif  dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak dirujuk di RS, akan tetapi dilakukan isolasi mandiri bagi yang bersangkutan di rumahnya dan tetap menjalankan SOP kesehatan sesuai prosedur,” ujarnya.






Ditambahkan Akmal, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai akan terus memonitor dengan cepat terkait pandemi corona yang hingga hari ini masih membutuhkan penanganan secara maksimal. “Kami tetap mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak agar dapat memutus mata rantai penyebarannya,” katanya.

Terakhir, Juru Bicara Gugus Tugas menghimbau kepada ASN maupun masyarakat yang ingin melakukan swab test dapat mendaftarkan diri ke tempat yang sudah ditentukan. “Masih ada kesempatan untuk besok, ayo silahkan test swab gratis di Pemkab Sergai,” pungkasnya. (Alfian Haris)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: