Melayu Batu Bara Hadirkan Kembali Kesenian Meronggeng Di Tengah-Tengah Masyarakat

Share it:


 
Batu Bara, JournalisNews.com - Kabupaten di Sumatera Utara, dengan kebudayaan dan kesenian yang beragam. Seperti halnya kesenian seperti musik tradisional, tidak  jarang kita jumpai diberbagai kecamatan di Batu Bara tanah bertuah ini yang masih melestarikan kesenian-kesenian hasil karya orang orang melayu terdahulu.

Kesenian yang sudah lama ditunggu tunggu masyarakat Melayu Batu Bara digelar di Pajak Simpang Dolok Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Jum'at (25/09/2020). 

Kesenian Maronggeng memiki banyak pesan yang didapat dari lantunan dan gerak tarianya،selain menghibur melalui alunan nyanyi dan tarian juga kata-kata pantun berisikan atau mengandung nasehat, berkasih sayang dan jenaka pula, ditambah dengan sindiriran yang cukup halus.


 

Kesenian maronggeng juga memiliki berbagai fungsi ditengah tengah masyarakat seperti upacara keagamaan, hiburan, ilmu pengetahuan, hingga bisa menjadi mata pencaharian. Inilah salah satu alasan mengapa masyarakat tetap membutuhkan kesenian maronggeng kembali hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi globalisasi yang semakin berkembang saat ini.

Selain itu Kesenian Maronggeng adalah bagian dari budaya dan tradisi yang cerdas yang merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, dengan dihadirkan kembali Kesenian Maronggeng banyak pesan yang didapat karena selain menghibur melalui alunan nyanyi dan tari, juga kata-kata pantun berisikan atau mengandung nasehat, berkasih sayang dan jenaka pula, ditambah dengan sindiriran yang cukup halus. (M Hamdani Batubara)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: