Kunjungan Kepala Badan Kabaharkam Polri ke Kabupaten Serdang Bedagai Disambut Pjs Bupati

Share it:



Serdang Bedagai | JournalisNews.com - Kunjungan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (30/9/2020) disambut Pjs. Bupati Sergai, Ir. H. Irman, M.Si dan turut dihadiri Sekdakab Sergai, H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen. Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K, Dir Samapta Korsabhara Baharkam Polri Brigjen. Pol. Nasri Sulaeman, S.Ik, MH, Kapoldasu Irjen. Pol. Martuani Sormin, Forkompimda Plus, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan lainnya. 

Kegiatan diawali dengan kunjungan di Mako Polres Sergai di Sei Rampah, dilanjutkan dengan peninjauan kolam ikan Primkoppol yang merupakan pembudidayaan ikan air tawar binaan Polres Sergai di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan dilanjutkan dengan peninjauan Kampung Tangguh di Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan. 

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kunjungan Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto beserta rombongan. “Hal ini merupakan kebanggaan bagi kami masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat karena menjadi salah satu daerah kunjungan kerja bagi Kabaharkam," ungkapnya. 

Sementara, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, kunjungan hari ini dalam kapasitas selaku Kaopspus Aman Nusa II Penanganan Covid-19 guna melaksanakan supervisi penanganan Covid-19 serta Asistensi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Jajaran Polres Sergai, Provinsi Sumut.

Kemudian, lanjutnya, pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada aspek kesehatan saja, namun juga aspek lainnya seperti, ekonomi, pertanian dan sebagainya. Kita semua tentunya sangat berharap pandemi ini segera berakhir, agar mampu mewujudkan ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Penanganan aspek kesehatan juga menjadi prioritas tertinggi, namun penanganan aspek ekonomi juga tidak kalah penting. Kita harus bisa menjaga prioritas penanganan aspek-aspek tersebut agar stabil dan tidak menimbulkan korban lebih banyak lagi serta kondisi ekonomi negara dapat kembali pulih," sebutnya. 

Selain itu, lanjut Kabarharkam Polri, Pemerintah mengharapkan kita dapat mengatur ritme penyebaran Covid-19, terutama di 8 Provinsi di Indonesia yang cukup siginifikan kenaikan kasus konfirmasi positifnya. Dengan demikian, agar di daerah tersebut kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus menurun, sembari menunggu datangnya vaksin. Untuk itu, mari kita manfaatkan kearifan lokal seperti tanaman obat keluarga untuk dapat dikonsumsi guna menjaga daya tahan tubuh kita dari virus dan penyakit," himbaunya. 

Di kesempatan itu, Kabarharkam Polri mengucapkan terima kasih kepada Pjs. Bupati Sergai yang telah menandatangani Perbup Penerapan Disiplin Kesehatan yang menjadi pegangan bagi pihak yang berwenang untuk melaksanakan penertiban protokol kesehatan. Namun, dalam pelaksanaannya agar dilakukan pendekatan humanis kepada para pelanggar peraturan serta berlakukan denda atau hukuman sebagai upaya terakhir guna menimbulkan efek jera. Dengan demikian, kita akan terhindar dari dampak-dampak yang dikhawatirkan akan memunculkan potensi permasalahan baru," sebutnya lagi sembari memberikan apresiasi atas terbentuknya “Kampung Tangguh“ yang merupakan kerjasama TNI-Polri guna menjadikan lahan yang tidak produktif menjadi produktif, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam membantu pergerakan perekonomian masyarakat. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan meninjau kolam ikan Primkoppol yang merupakan pembudidayaan ikan air tawar binaan Polres Sergai di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sergai, Ir. H. Irman, M.Si saat berada di kolam ikan pembudidayaan ikan air tawar dalam sambutannya mengatakan, pembudidayaan ikan air tawar merupakan upaya ketahanan pangan yang tepat saat Indonesia tengah menghadapi ujian berupa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).  

"Sektor perikanan merupakan salah satu faktor pendukung dalam mempertahankan ketahanan pangan di Indonesia, khususnya di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Selain itu, upaya yang selalu dilakukan oleh Kapolres Sergai beserta jajaran dalam menjaga ketahanan pangan di Sergai sesuai dengan intruksi Kapolri. “Hal ini terlihat dari hasil yang ditunjukkan memperlihatkan sebuah keberhasilan nyata berkat upaya dari kerja keras Polres Sergai bekerjasama dengan Pemkab Sergai," tutur Pjs. Bupati Sergai. 

Terkait dengan Covid-19, sambung Pjs. Bupati Sergai, pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam hal ini Polres Sergai dalam upayanya menangani pandemi virus corona serta memperbaiki kondisi ekonomi di Kabupaten Sergai menunjukkan hasil yang baik. Kami menilai upaya-upaya yang dilakukan jajaran Polres Sergai sangat baik dengan hasil yang memuaskan. Untuk itu, sudah sewajarnya kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Kepolisian," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan pakan ikan sebanyak 1 ton serta dirangkai dengan panen ikan patin perdana sekaligus tabur 10.000 benih ikan di kolam binaan Polres Sergai. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi “Kampung Tangguh” yang ada di Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan.







Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH saat berada di "Kampung Tangguh" mengungkapkan, kedatangannya di Desa Bingkat yaitu, untuk melihat potensi sekaligus keberhasilan desa ini sebagai desa percontohan untuk Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dengan kemampuan dalam pengelolaan pertanian organik, peternakan serta pemanfaatan lahan untuk tanaman sayuran. Selain itu juga, untuk memelihara ternak, sehingga dapat menghasilkan berbagai komoditas, baik pertanian maupun peternakan yang dapat diekspor ke luar daerah," ucapnya. 

Di tengah situasi pandemi, lanjut Kabaharkam, ketahanan pangan seperti ini merupakan hal yang menjanjikan, karena kita kembali kepada kearifan lokal dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di desa.  

Pandemi Covid-19 ini memberikan hikmah dibalik musibah, yaitu agar kita mampu berdiri di atas kaki sendiri dengan menjadikan negara kita sebagai swasembada pangan. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kepada para pelaku UMKM yang ada di Desa Bingkat ini karena memanfaatkan semua hasil alam sehingga dapat memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat di tengah pandemi," pungkas Kabaharkam Polri.

Disela-sela kunjungan tersebut, dilaksanakan penyerahan bantuan berupa Alsintan tanam padi, tali asih kepada masyarakat dan pemberian masker. Selanjutnya meninjau pameran UMKM, tabur benih ikan dan tanam padi menggunakan alat tanam modern. (Alfian Haris)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: