Ilyas Sitorus : Sosialisasikan Gambaran Tentang Bagaimana Mencapai Tujuan Sekolah

Share it:



Batu Bara, JournalisNews.com  - Untuk menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran pelaksanaan dan pelaporan serta pengawasan Dana BOS, Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus lakukan sosialisasi kepada MKKS dan UPTD se Kabupaten Batu Bara di UPTD SMPN 1 Talawi Kabupaten Batu Bara, Sabtu (26/9/2020).

Rencana kerja sekolah merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai yang berkaitan dengan kurun waktu tertentu yang tentunya berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai serta  perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan tersebut termasuk ketersediaan sarana prasarananya.

Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitrorus di hadapan Kepala UPTD SMP se Kabupaten Batu Bara pada Sosialisasi Penyusunan/Laporan ARKAS Dana BOS Satuan Pendidikan 2020/2021 bersama Ketua MKKS SMP, Tobok Situmorang di UPTD SMPN 1 Talawi Kabupaten Batu Bara.

Rencana kerja sekolah merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai yang berkaitan dengan kurun waktu tertentu yang tentunya berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai serta  perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan tersebut termasuk ketersediaan sarana dan prasarananya.

Sosialisasi ini harus mampu menggambarkan dan menjamin tujuan dan sasaran sekolah dapat tercapai dan menjamin keterkaitan antara perencanaan penganggaran pelaksanaan pelaporan dan pengawasan serta mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat serta menjamin penggunaan sumber daya sekolah yang ekonomis, efisien, efektif berkeadilan serta berkelanjutan.

Oleh karenanya sekolah perlu menyusun perencanaan dan laporan ini agar memberi kontribusi terhadap perkembangan kualitas belajar mengajar yang berkesinambungan melalui proses perencanaan evaluasi dan review dan mengidentifikasi secara tepat apa yang harus dicapai serta dapat memberikan gambaran tentang siapa apa kapan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Papar Kadisdik.

Lebih lanjut Ilyas mengatakan, bahwa pembentukan tim penyusun ARKAS, pembekalan dan orientasi bagi tim penyusun ARKAS  maupun RKAS perlu dilakukan mulai dari diskusi - diskusi lalu pendahuluan seperti apa, kondisi sekolah bagaimana dan program indikatornya serta  indikator kinerjanya juga bagaimana lalu bentuk kegiatannya seperti apa dan lain sebagainya terang Ncekli sapaan akrab Kadisdik Batu Bara ini.

Apakah perlu diketahui atau persetujuan orangtua peserta didik?. Tentu sangat perlu mendiskusikan semua ini apalagi mengingat keterbatasa anggaran sekolah kita. Kesemua itu perlu disosialisasikan kepada kepentingan pemangku kepentingan termasuk orang tua siswa karena semua ituakan menghasilkan rencana kerja sekolah sehingga dalam penyusunan anggaran kas maupun rencana kerja sekolah adalah kejujuran dalam penyampaian atau penyajian data,”sebut Ncekli sapaan akrab Kadisdik Ilyas.




Sebelum mengakhiri bimbingannya, Kadisdik Ilyas berpesan terkait pemanfaatan bantuan Kemdikbud Kartu Internet Gratis, agar sekolah terus menyampaikan layanan belajar yang dapat di akses anak-anak kita dalam membantu pembelajaran daring 

Informasikan ke orangtua siswa kita agar dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring tersebut untuk  dimanfaatkan dalam pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19 juga bisa di dapat dengan memanfaatkan bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud ini,"ujarnya.

Hadir bersama Kadisdik Ilyas Sitorus, Kabid Dikdas Irwansyah, serta Staf Dikdas, Ketua MKKS SMP Tobok Situmorang dan semua Kepala UPTD SMP Negeri/Swasta, operator bersama bendahara sekolah. (M Hamdani Batubara)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: