Ketua LP2 Migas Batu Bara Minta DPRD Komisi B Usut Penyalah Gunaan Gas Subsidi

Share it:


Batu Bara, JournalisNews.com - Langkanya untuk mendapatkan Gas Elpiji 3 Kg dibeberapa wilayah di Kabupaten Batu Bara, untuk itu Ketua LP2 Migas, Samsul Pane minta DPRD Komisi B untuk segera melakukan penataan kepada setiap agen agen dan pangkalan yang ada di Kabupaten Batu Bara. Kamis (20/08/2020)

Saat ditemui Ketua LP2 Migas  diruangannya Ketua Komisi B M Ali Hatta, S.Sos, menyebutkan akan segera memanggil agen-agen Gas Elpiji yang ada di kabupaten untuk dilakukan penataan dan akan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) yang dijadwalkan 3 September 2020 mendatang.

Ketua Komisi B M Ali Hatta juga mengatakan sudah dua kali melayangkan surat ke PT Pertamina Medan terkait gas elpiji 3 Kg pertama kali melayangkan surat No: 170/0709 tanggal 30 Juni 2020. Disusul surat kedua No: 170/0892 tanggal 3 Agustus 2020. ”Isi kedua surat untuk konsultasi dan koordinasi terkait kelangkaan gas elpiji subsidi di Batu Bara,” terangnya kepada Samsul.

Sedangkan Ketua LP2 Migas mengatakan kelangkaan gas elpiji bersubsidi terjadi, salah satu faktor pangkalan gas menjual kepada pedagang dan penggalas dan tidak diberikan langsung kepada masyarakat dengan harga HET Rp16 ribu/tabung, namun kenyataannya mereka (pangkalan) menjual rata-rata Rp18 ribu bahkan terkadang Rp20 ribu hingga Rp28 ribu di tingkat pengecer.



Masih menurut Samsul Gas elpiji 3 Kg itu diperuntukan bagi rumah rumah tangga menengah jika mengacu kepada edaran Menteri ESDM No 26 Tahun 2009. Bahwa subsidi itu dilindungi oleh undang-undang No 22 Tahun 2001 Tentang minyak dan gas bumi, yang dijelaskan dalam pasal 55 setiap orang yang menyalah gunakan, pengangkutan dan atau niaga bahan bakar minyak dan gas yang disubsidi pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 Tahun dan denda paling tinggi 60 milyar rupiah. Papar Ketua Lembaga Pengawasan Peredaran Minyak dan Gas Bumi

Diharapkan langkah yang dilakukan Komisi B untuk melakukan RDP dapat menyelesaikan persoalan gas elpiji 3 Kg di Batu Bara, sehingga kedepannya mudah didapat masyarakat, tidak sesulit seperti sekarang ini. Harap Samsul. (M Hamdani Batubara)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

1 comments:

  1. Sama seperti di kelurahan pangkalan dodek baru kec medang deras, pangkalan gas lpg 3kg di utamakan untuk pengusaha dan pengecer,bukan untuk masyarakat ...
    Tolong di sidak dan di tindak pak semua pangkalan gas yg nakal ini,kasihan warga yg harus membeli mahal di kodai2 ..

    Terimakasih

    ReplyDelete