Kabupaten Asahan Tak Termasuk Zona Merah Penyebaran Covid 19

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com - Kabupaten Asahan tidak temasuk salah satu Kabupaten yang dikategorikan  masuk zona merah covid -19. Hal itu berdasarkan perkembangan terbaru bagi Kabupaten atau Kota yang memiliki resiko tinggi penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

"Perkembangan zonasi risiko pemyebaran dengan resiko tinggi setiap kabupaten/kota terjadi karena adanya kenaikan persentase angka virus Covid-19. Pada minggu lalu ada Kabupaten atau Kota naik dari 6,81 persen menjadi 10,31 persen”.

Penjelasan itu dikatakan juru bicara Satgas Covid-19 pusat, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, pada Senin (27/7/2020). Wiku, mengatakan saat ini ada sejumlah Kabupaten/Kota yang termasuk zona merah sebanyak 53 Kabupaten/Kota.

Terkait penyampaian hasil itu dan berdasarkan data  diperoleh dari situs resmi covid19.go.id ternyata Kabupaten Asahan tidak termasuk 53 Kabupaten/Kota yang beresiko tinggi atau zona merah Corona tersebut. Menurut data di situs itu Kabupaten Asahan masuk dalam kategori zona orange atau beresiko sedang dalam sebaran Covid-19. 

Jadi menangapi hal itu Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, Selasa (4/8/2020) melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Rahmat Hidayat Siregar, merasa lega. Oleh karena itu atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Forkopimda, Gugus Tugas dan masyarakat yang telah mau dan bersedia bekerjasama dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Asahan. “Kedepan Kita harus lebih meningkatkan terus untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 agar Asahan benar-benar dapat terhindar dari wabah virus Corona",jelasnya. 

Walaupun Kabupaten Asahan tidak termasuk zona merah sebaran Covid-19. Kita minta agar masyarakat tetap mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah guna menjalankan roda perekonomian, saat ini masyarakat udah dapat beraktivitas seperti biasa namun harus tetap memakai protokol kesehatan,"ujar Dayat menyampaikan pesan Bupati Surya.

Selanjutnya perihal status Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Kabupaten Asahan setelah adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Menurut Dayat sesuai Perpres Nomor 82 Tahun 2020 pasal 20 ayat (1) huruf b, bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah yang dibentuk oleh Gubemur dan Bupati/Walikota, tetap melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenangnya.

Artinya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan masih terus bekerja seperti biasa sampai Satgas Penanganan Covid-19 daerah dibentuk. Oleh karena itu, Bupati Asahan telah menginstruksikan kepada Dinas Sosial agar segera menyalurkan bantuan sosial jaring pengaman sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Sedang perihal proses belajar mengajar dengan tatap muka di sekolah. Rahmat mengatakan hanya bisa dilakukan kalau daerah tersebut masuk kategori zona hijau. "Marilah kita berdoa semoga Asahan dapat segera masuk dalam kategori zona hijau virus Covid-19",ujar Dayat. (Arnes Arbain Abdullah)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: