H.M Hanafiah Harahap, Maknai Idul Adha Keikhlasan Nabi Ibrahim

Share it:

H.M Hanafiah Harahap (pakai masker) panitia qurban Masjid Al Ikhlas Helvetia (foto,Abd Halil)

Deli Serdang, JournalisNews.com - Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1441 H bertepatan Jumat 31 Juli 2020, kepengurusan Badan Kenajiran Masjid Al Ikhlas Dusun I Desa Helvetia, bekerjasama dengan panitia qurban dan masyarakat sekitar melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Seperti dituturkan ketua panitia qurban Masjid Al Ikhlas, H.Muhammad Hanafiah Harahap,SH,MH menjelaskan hewan qurban yang disembelih berupa 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing.Sabtu (1/8/2O2O).

"Makna qurban ini merupakan repleksi dan bagian wujud iman kepada Allah SWT, dan iman kepada Allah itu pun dipertaruhkan nabi Ismail kepada ayahnya nabi Ibrahim, bukan hanya sekedar nyawa namun ada perintah yang di yakini nabi Ibrahim bahwa perintah Allah itu wajib kepada nabi Ibrahim. Selanjutnya kita repleksikan kepada masyarakat bahwasanya perintah Allah yaitu berqurban wajib dilaksanakan, dan wajib kita aplikasikan kepada masyarakat," kata H.Hanafiah Harahap mantan anggota DPRD Sumut dari fraksi Golkar priode 2004 - 2009 dan 2014 - 2019.





Masih menurut H.Hanafiah Harahap yang saat ini menjabat sebagai staf khusus Gubernur Sumatera Utara itu menambahkan, selain menjadi kewajiban yang telah dilakukan Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail, kegiatan penyembelihan hewan qurban dimasa masih berlangsungnya pandemi Covid- 19 saat ini, setidaknya daging hewan qurban yang dibagikan kepada masyarakat dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang berada di Dusun I Desa Helvetia.



Hal senada juga disampaikan Kepala Dusun I Desa Helvetia, Poniman dengan didampingi penasehat Masjid Al Ikhlas yang merupakan mantan Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Kompol (Pur) H.Justar Purba,SH mengatakan kegiatan penyebelihan hewan qurban ini murni merupakan bersumber dari masyarakat yang berada di Dusun I Desa Helvetia yang ingin berqurban.

"Penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha tahun ini sebanyak 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Rencananya daging - daging qurban ini akan dibagikan kepada 650 kepala keluarga," jelas Poniman, Kadus I Desa Helvetia.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun I Desa Helvetia, Budi (32) mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah berqurban, yang tentunya dari pembagian hewan qurban ini dapat membantu kebutuhan hidup masyarakat yang ada di Dusun I Desa Helvetia ini.

Liputan khusus : Abdul Halil,SE
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: