Dalam Rangka Persiapan Pembentukan Satgas Tiga Pilar, Polres Pel. Belawan Gelar Rapat Koordinasi

Share it:

Belawan, JournalisNews.com - 
Dalam rangka persiapan pembentukan Satgas Tiga Pilar oleh Polres Pelabuhan Belawan, dengan tujuan menuju adaptasi kebiasaan baru untuk melaksanakan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid 19, Polres Pelabuhan Belawan Menggelar rapat koordinasi. Jumat (21/8/2O2O) sekira pukul 1O.OO Wib.

Rapat yang digelar diruang aula Wira Satya Mapolres Pelabuhan Belawan, jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan, dengan dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd Rahmani Dayan,SH,MH  diwakili Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si.

Dikutip dari keterangan tertulis Wakapolres Pelabuhan Belawan melalui Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Belawan Iptu Bonar H. Pohan,SH menerangkan hadir dalam kesempatan itu Kabag Ops Pokres Pelabuhan Belawan Kompol M. Nasutio,SH, Kapolsek Hamparan Perak Kompol Edwart Simamora, Kapolsek Belawan Kompol D.J.Naibaho,SH, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari S,SH diwakil Kanit Sabhara Polsek Medan Labuhan Iptu Edi Surya, Kasat Reskrim AKP I Kadek Cahyadi, SIK, SH, Kasat Sbahara Polres Pelabuhan Belawan AKP Harris, Kabid P2P Deliserdang P.S Barus, Kepala Subbag Tramtibum Bag Pemko Medan Junedi Lumbangaol, Pengelola Promkes Kab Deli Serdang Nenti Manurung,M.Kes, Pengelola Promkes Pemkab Deli Serdang Veronika Sembiring,M.Ks, Ka UPT Puskesmas Belawan dr.Adi Rajabrando Lubis, Staf Puskesmas Belawan Azmir,S.KM, Kabid P2P Pemko Medan dr.H.Jefri S, Kasi kerja sama Japiter Tamba,SE, Danramil 09/MB Kapten Inf.Rahimin dan KA UPT Puskesmas Sicanang dr.Trisna Murni.




Masih menurut mantan Kanit Reskrim Polsek Hamparan Perak itu mengatakan dalam kata Sambuatnya Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra  memberikan arahan sebagai berikut dalam penanganan pencegahan Covid 19 ini merupakan sinergitas TNI dengan Polri serta Pemko Medan maupun Pemkab Deli Serdang sudah semaksimal mungkin dilakukan upaya agar masyarakat sadar bahwa virus Covid 19 benar ada.

"Selama ini banyak masyarakat yang masih belum mempercayai adanya virus Covid 19. Pihak pemerintah mulai dari Pemko Medan serta Pemkab Deli Serdang juga sudah banyak berbuat dalam pencegahan Covid 19, dengan melakukan himbauan kepada masyarakat agar mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," ujar mantan Kasi Propam Polrestabes Medan itu.

Sementara itu, dalam kata sambutannya Dandim 0201/BS yang diwakili oleh Danramil 09/MB mengatakan harapan dari kita dalam pelaksanaan di lapangan nantinya kita dapat saling koordinasi. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan dijalan tidak menggunakan masker.

Berikutnya, dalam kata sambutannya perwakilan dari Pemko Medan J.Tamba,SE (Kasi Kerjasama) menyampaikan di Provinsi Sumatera Utara masih banyak masyarakat yang tidak peduli dalam pencegahan Covid 19. Kita sudah banyak berbuat bahkan sudah melakukan himbauan kepada masyarakat.

"Saat ini pihak Pemerintah kota Medan sudah membuat peraturan yang mana apabila masyarakat tidak memakai masker akan dikenakan denda" terang J.Tamba,SE.

Hal senada juga disampaikan dalam kata sambutan mewakili Pemkab Deli Serdang P.S.Barus (Kabid Deli Serdang) yang menyebutkan kami khususnya pemerintahan Deli Serdang sedang melakukan Sosial Distancing.

"Tahapan sosialisasi Perpu juga sudah kami lakukan yang mana apabila masyarakat melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi atau pun denda. Kabupaten Deli Serdang juga sudah mengeluarkan Perpup No. 77 THN 2020 dalam pencegahan penularan virus Covid 19," beber P.S Barus.

Selanjut, dalam arahannya perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang Nenty Manurung,M.Kes menyampaikan saat ini kita di Kecamatan Hamparan Perak sudah melakukan Sosial Distancing.

"Kami juga sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker diluar rumah. Dalam hal pemakaman jenazah pasien Covid , kami juga meminta dukungan dari pihak Kepolisian untuk melakukan pengamanan menghindari perlawanan dari pihak keluarga korban," sebutnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan Dr. Adi Raja Brando Lubis,  menyampaikan kami dari UPT Puskesmas Belawan menyampaikan dengan permasalahan masker merupakan masalah kita semua.
Dengan adanya Perpu yang dikeluarkan Pemerintah Kota Medan, saya merasa tidak akan mempengaruhi kepada masyarakat bahkan bisa membuat masyarakat komplain dikarenakan biaya denda cukup besar.

"Alangkah baiknya mari kita melakukan edukasi bagaimana masyarakat mau menuruti aturan protokol kesehatan. Masukan saya mari kita sama saling bahu membahu dalam pencegahan virus Covid 19 ini," harap Dr. Adi Raja Brando Lubis.

Dalam arahannya, Kapolsek Belawan Kompol D.J.Naibaho, SH menyampaikan banyak solusi yang harus kita lakukan.
Kami juga dari Polsek Belawan juga sudah melakukan himbauan - himbauan melalui Bhabinkamtibmas dan bersinergis dengan Babinsa, agar masyarakat tetap mengikuti aturan - aturan protokol kesehatan.

"Mari kita sama sama melakukan himbauan - himbauan mengajak masyarakat untuk memakai masker dan saling menjaga jarak," ujar mantan Kasi Penindakan Dipolairud Polda Sumut itu.

Terakhir dalam.arahannya, Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol M.Nasution, SH., menyampaikan masalah Covid 19 sampai saat ini masih belum ada obatnya, jadi disampaikan kepada bapak/ibu dalam situasi ini kita tidak boleh diam, kita siap menunggu kapan waktu untuk kita bisa buatkan razia, untuk menindak bagi siapa saja yang tidak memakai masker. Kita tidak boleh capek dengan situasi ini, kita harus serius dan benar - benar perduli," terang mantan Kapolsek Hamparan Perak itu.

Terakhir dalam keterangannya Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Belawan merilis dalam hal ini Wakapolres Pelabuhan Belawan meminta agar kita selalu bersinergis action dilapangan, dalam pencegahan penyebaran virus Covid 19 dan akan dilakukan kordinasi berkelanjutan tiga pilar.(Abd Halil/Humas)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: