Bupati Sergai : Hijrah Tak Cuma Sekadar Pindah, Tapi Juga Perbaikan Akhlak

Share it:


Sei Rampah, JournalisNews.com -  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di Halaman Masjid Agung Kabupaten Sergai, di Sei Rampah, Rabu (26/08/2020).

Bupati dalamn sambutannya menyebutkan, penetapan kalender Hijriyah dihitung berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah untuk memenuhi panggilan Allah SWT yang menjadi tonggak bersejarah perkembangan awal agama Islam.

“Ditetapkannya peristiwa hijrah menjadi dasar perhitungan kalender Islam menunjukkan bahwa, hijrah menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan umat Islam. Dalam kesempatan menyambut Tahun Baru Hijriyah ini, tentunya kita sangat diharapkan untuk memahami makna Hijriyah yang sesungguhnya yaitu, tidak hanya terbatas pada perpindahan tempat, akan tetapi makna yang sangat esensial adalah perbaikan akhlak,” sebutnya.

Lanjut Bupati, hakekat dari peringatan Tahun Baru Islam 1442 H kali ini adalah untuk mengingat kembali bahwa, 12 bulan telah dilalui dari Bulan Muharram tahun lalu sampai dengan Bulan Dzulhijjah berakhir tahun ini.

“Banyak hal yang telah kita lakukan, yang tersembunyi atau pun yang terbuka, ada hal baik dan mungkin tak sedikit hal buruk. Untuk itu perayaan Tahun Baru Hijriyah kali ini mempunyai esensi bagi kita semua untuk melakukan introspeksi dan evaluasi serta mengukur segala tindak-tanduk dan perilaku kita selama 1 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Nikmat hidup ini, kata Bupati lagi, merupakan kesempatan berharga bagi semua orang untuk memperbaiki segala yang buruk dan meningkatkan segala amal kebaikan dalam kehidupan di masa yang akan datang.

“Dengan pengertian ini sangat diharapkan setiap saat sesungguhnya manusia perlu melakukan hijrah sebagai bahan evaluasi dan introspeksi diri serta perlindungan terhadap krisis moral yang telah terjadi, sehingga kita semua pada tahun 1442 Hijriyah ini dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT lebih dari tahun 1441 H yang telah kita lalui,” tuturnya.

Terkait proses percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sergai, Bupati yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan meningkatkan imunitas tubuh agar kekebalan tubuh semakin baik.

Terakhir perihal Pilkada yang akan dilaksanakan di bulan Desember mendatang, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan dan menjaga semangat persaudaraan serta silaturahmi.

“Hal ini penting agar masyarakat kita tidak bingung dan tetap bersatu dalam satu Ukhuwah Islamiyah, dalam suatu persahabatan dan persaudaraan dan dapat berjalan dengan sukses serta silaturahmi masyarakatnya juga terawat,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, M.KM yang ikut hadir dalam acara ini menyampaikan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah di tengah pandemi Covid-19 dapat dijadikan momentum untuk semakin meningkatkan keimanan seluruh umat muslim.




“Insya Allah, sama-sama kita berdoa agar  ditingkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan kita sama-sama berdoa semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir karena semakin merebaknya wabah Covid-19 ini semakin menambah rasa khawatir kita. terutama dari sisi perekonomian karena kita tahu ini krisis kesehatan berimbas kepada krisis ekonomi,” sebutnya.

Dalam Tausiahnya, Ustadz H. Irfan Yusuf atau biasa di panggil Ustadz “Rahul” menyampaikan perihal positif dari adanya cobaan yaitu, untuk mengukur kadar keimanan sekaligus mengangkat derajat dan meninggikan level ketaqwaan sebagai seorang mukmin dan mukminah.

Selain itu, Allah juga telah mengatakannya dalam Alqur’an bahwa, dia akan menguji hamba-Nya yang bertaqwa dan beriman. Ujian adalah jembatan bagi seorang mukmin untuk meraih kebaikan yang berlimpah dari Allah dan akan selalu ada hikmah serta anugerah yang sedang menunggu setelah ujian sebagaimana kehadiran pelangi yang selalu dinanti setelah hujan badai reda,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kepala Pengadilan Agama Sergai Munir, SH, MH, Kepala BPS Sergai Herman SE M.Si, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Situros, SAg, MA, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, ketua DWP Sergai Ny. Hj. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Asisten, Kepala OPD, Para Camat, Toko Agama serta undangan lainnya. (Alfian Haris)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: