Unit Reskrim Polsek Medan Labuhan Sukses Ungkap Pelaku Kejahatan Sepesialis Bongkar Rumah

Share it:

Medan Labuhan, JournalisNews.com - Bukti nyata Kepolisian Sektor Medan Labuhan Polres Pelabuhan Belawan komitmen ciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif, terbukti !

Kali ini Polsek Medan Labuhan melalui Tim Unit Reskrim berhasil meringkus pelaku tindak pidana sepesialis pencurian bongkar rumah, sebagai mana yang dimaksut dalam pasal 363 KUHPidana.

Tersangka Muhammad Karim alias Ain (25), yang merupakan narapidana yang mendapatkan program asimilasi dampak Covid-19, tersangka baru keluar dari Lapas Binjai pada bulan Maret 2020 lalu. 

Muhammad Karim alias Ain merupakan warga jalan Marelan Raya Pasar XI, Lingkungan II, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan.

Prihal keberhasilan anggotanya dari Tim Opsnal Unit Reskrim berhasil mengungkap pelaku kejahatan sepesialis bongkar rumah itu di sampaikan Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari S,SH dalam keterangan tertulisnya yang diterima JournalisNews.com via WhatsApp. Sabtu (18/7/2O2O).

Lebih lanjut, mantan Kepala Satuan reserse narkoba Polres Pelabuhan Belawan itu menjelaskan berdasarkan
Laporan Polisi Nomor : LP/526/VII/2020/PEL.BELAWAN/SEK-MDN LABUHAN TANGGAL 17 JULI 2020 tersangka saat berada di jalan Monel Anwar, Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Pada hari Jumat tanggal 17 Juli 2020 sekira pukul 04.00 Wib.

"Dari tangan tersangka tim kita berhasil menyita sebagai barang bukti berupa 1 bilah pisau dan 1 buah obeng yang dipakai untuk mencongkel jendela, 1 potong baju kaus warna Hitam yang dibeli dari hasil kejahatan," tulis Kompol Edy Safari dalam keterangannya.

Berikutnya prihal kronologis kejadian perkara, Kompol Edy Safari menyebutkan berawal mendapat laporan dari korbannya Siti Kholidah (44) warga jalan Besi Ujung Tanah Garapan, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan yang melaporkan telah terjadinya pembongkaran sebuah rumah yang terletak di Lingkungan-II Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan. 

Dengan sigap, reaksi cepat Unit Reskrim Polsek Medan Labuhan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edi Safari S,SH dengan didampingi Kanit Reskrim Iptu Andi.R, SH bersama Panit Reskrim Ipda Sujarwo,S.Psi melakukan pengumpulan bahan keterangan serta penyelidikan.

Selanjutnya hingga pada hari Jumat tanggal 17 Juli 2020 sekira pukul 04.00 wib bertempat di Jalan Monel Anwar Kel. Terjun Kec. Medan Marelan Kodya. Medan, tim dari Unit Reskrim berhasil mengamankan seorang laki - laki bernama Muhammad Karim alias Ain. Yang diduga keras telah melakukan pembongkaran terhadap sebuah rumah yang terletak di Lingkungan-II Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan. Sementara itu, pelaku bersama rekannya atas nama Irwansyah Putra alias Wawan (DPO) berhasil mencuri 1(satu) unit sepeda motor merk Honda jenis Vario, 1 (satu) unit handphone merk Samsung jenis Android dan 1 unit Handphone merk Samsung jenis model lipat.

"Dimana pelaku mencongkel jendela dengan menggunakan obeng dan pisau lalu setelah jendela terbuka tangan pelaku masuk untuk membuka kunci pintu rumah dan pelaku langsung mengeluarkan sepeda motor dan mengambil handphone dan menyerahkan kepada Irwansyah putra. selanjutnya  pelaku menjual sepeda motor ke kawasan Kecamatan Stabat dengan harga sebesar Rp 3.000.000,-. Menurut pengakuan tersangka Muhammad Karim, ianya memeroleh bagian sebesar Rp 1.500.000,- dari hasil kejahatan penjualan 1 unit sepeda motor," beber Kompol Edy Safari dalam keterangan tertulisnya.

Ditambahkannya, pada saat tim melakukan pengembangan untuk mencari Irwansyah Putra alias Wawan (DPO), tersangka Muhammad Karim alias Ain berusaha menyerang petugas. Karena mengancam keselamatan petugas selanjutnya dengan sigap dilakukan tindakan tegas dan terukur pada bagian kaki sebelah kanan tersangka.

"Tersangka Muhammad Karim sudah kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, sementara barang bukti kita amankan ke Mapolsek Medan Labuhan. Untuk tersangka kita jerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman pidana 7 tahun penjara," tutup Kompol Edy Safari dalam keterangannya.(Abdul Halil)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: