Terkait Covid-19, Kapolsek Dolok Masihul Serta Camat dan Kades Pardomuan Lakukan Rapat Sosialisasi

Share it:


Sergai, JournalisNews.com - Kapolsek Dolok Masihul, AKP J.Panjaitan, beserta jajarannya dan Camat, Gunawan Jayawardana Hasibuan, SSTP. berkunjung ke Desa Pardomuan Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, Guna mengantisipasi Pandemi Covid 19, Selasa (30/6/2020) di Aula, Kantor Desa Perdemuan.

Sementara, Camat Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai, Gunawan Jayawardana, Hasibuan, S.STP menjelaskan, Kapolsek berencana akan membuat kegiatan di Desa Pardomuan tentang bagaimana memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam hal ini Polri melalui Polsek Dolok Masihul bermaksud akan membuat Desa bertuah di Kecamatan Dolok Masihul. Program dari Kepolisian ini sangat kita dukung, karena pada intinya untuk mensejahterakan masyarakat dan terbebas dari Covid-19.

Untuk mengikuti hal ini, rencana yang akan kita buat yaitu, ruang isolasi, posko, berikut perlengkapan kesehatan. Pada tahap awal mungkin sudah dilakukan pembagian masker, pengadaan hand sanitizer, bahkan ada juga bantuan dari pengusaha yang ada di Kecamatan Dolok Masihul. Jadi kalau Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai pasti antusias mendukung," katanya.

Camat juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, pakai masker apabila keluar rumah, jangan lupa cuci tangan selepas dari manapun, mengganti pakaian dengan pakaian yang bersih, ikuti pola hidup bersih dan sehat serta jaga jarak (physical distancing) harus tetap dilakukan, karena kita mau menuju New Normal tanpa ada masalah," ungkapnya.

Kapolsek Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) AKP. J. Panjaitan kepada awak media ini mengatakan, kami turun ke Desa Pardomuan karena ada rencana untuk melakukan kegiatan yang akan dibuat oleh Polri tentang bagaimana memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Untuk itu, maka Polri bermaksud akan membuat Desa-desa tangguh, karena disini wilayah Sergai, jadi dibuatlah namanya Desa Bertuah. Jadi tujuannya, akan dibuat pos keluar masuknya warga dengan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, agar warga mengetahui tentang bagaimana kesehatan mereka.

Selain itu, salah satu tugas pokok dan fungsi Kepolisian yaitu, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa. Dengan keberadaan kami di Desa, kami akan lebih dekat lagi dengan warga Desa Pardomuan. Kami akan sering berkomunikasi agar masyarakat bisa turut serta dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), AKP. J. Panjaitan didampingi Wakapolsek, Iptu Adi Santika, Kanit Binmas, Aiptu Palti Tambunan usai melakukan pertemuan dengan Camat Dolok Masihul, Gunawan Jayawardana, Kepala Desa Pardomuan, Henri Gurning bersama Ketua PKK Nurleni Sianipar (Bidan Desa) beserta Kepala Dusun diantaranya,  Venny Fransiska (Kadus I), Daniel Sidauruk (Kadus II),Yusri Sipayung (Kadus III), TPP Jaronggi Simbolon dan Sekar Ayu Julianti.

Ditambahkan AKP. J. Panjaitan, kami dari Polri juga harus bisa menjadi motor penggerak pembangunan yaitu, tentang kesehatan, termasuk dalam hal pendapatan warga agar lebih meningkat dan sejahtera, tentunya dengan menggali potensi sumber daya yang ada serta menjalin kerjasama dan nantinya masyarakat tidak ketergantungan meminta bantuan kepada pemerintah. Inilah program dari Polri," sebutnya.

Terkait Covid-19, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apalagi kita sedang menuju masa New Normal, berarti masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, baik sebagai petani, peternak dan aktivitas lainnya, namun tidak melupakan protokol kesehatan. Untuk itu, masyarakat harus tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, jaga jarak (physical distancing) dan selalu menggunakan masker," himbau Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pardomuan, Henri Gurning mengatakan, awalnya saya sangat kaget dengan kehadiran Kapolsek, ternyata Kapolsek menyampaikan bahwa Desa Pardomuan akan dijadikan menjadi Desa bertuah, yaitu, untuk penanganan atau penanggulangan Covid-19.





Saya juga merasa bangga karena Desa Pardomuan bisa menjadi contoh bagi Desa-desa lainnya untuk menangani Covid-19. Jadi saya berharap kepada Camat dan Kapolsek bagaimana caranya supaya bersinergi antara Desa dengan Kecamatan dan antara Desa dengan pihak Kepolisian untuk menanggulangi Covid-19 ini," ucapnya.

Soal persiapan penanganan dan penanggulangan Covid-19, kami sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi warga yang sudah atau reaktif Covid-19 dan akan menghidupkan kembali posko penanggulangan Covid-19 yang memang sempat dihentikan karena kita lihat situasi sudah membaik dan sudah ada tanda-tanda New Normal dari pemerintah. Tetapi dengan adanya himbauan dari Kepolisian bahwa New Normal bukan berarti Covid-19 berakhir, ternyata semakin bertambah jumlah penderitanya," ujarnya.

Henri Gurning menghimbau kepada warganya agar mematuhi protokol kesehatan seperti, jaga jarak, rajin cuci tangan, tidak berkerumun atau berkumpul-kumpul dan kalau keluar rumah harus menggunakan masker. Selanjutnya Henri Gurning bersama Kapolsek meninjau ruangan di lingkungan sekolah dasar tempatnya di Dusun Satu yang tidak jauh dari kantor desa untuk dijadikan tempat isolasi. (Tamsi)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: