Kasus Penipuan Bupati Asahan Disoal, Pemuda Muhammadiyah dan FUI Asahan Akhirnya Angkat Bicara

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com - Kasus Bupati Asahan yang dituding melakukan penipuan terhadap pengurus pemulangan para TKI dari Malaysia akhirnya disoal. Beberapa kalangan menilai sikap tidak  peduli Bupati Asahan itu tak patut ditiru.

Pasalnya, sikap tak bertanggungjawab itu bukan sifat seorang pemimpin melainkan pecundang. Apalagi para pengurus pemulangan TKI asal Asahan itu bekerja secara maksimal. "Sikap tak bertanggungjawab yang diperlihatkan Bupati Asahan itu tak patut ditiru. Itu bukan sifat pemimpin tapi pecundang ",tegas Sekretaris LSM Bara Api Asahan, Adha Khairuddin.

Menurutnya Adha, seharusnya Bupati Asahan bijak menangani persoalan tersebut dan bukan terkesan melepaskan tanggungjawab. Paling tidak, katanya lagi, Bupati harus bisa menyelesaikannya dengan duduk bersama dan menjawab secara diplomatis.

Kalau seperti itu caranya menangani sessuatu bagaimana ingin memimpin. Sudah ditolong kok malah bilang bukan urusannya dan jangan melebar ",ucap Adha. "Kalau begitu sama saja menolong  harimau terjepit. Sudah kita tolong kita yang mau diterkamnya ",tegasnya.

Hal senada dikatakan, Ketua Forum Ummat Islam (FUI) Asahan, Ustadz Budi Irawan (foto) ketika ditanya soal tudingan penipuan tersebut. Menurutnya, seharusnya Bupati bisa mengatasi permasalahan itu.

Apalagi, para pengurus pemulangan TKI dari Malaysia itu telah bersedia memberikan pertolongan. Dari sisi kemanusiaan para pengurus itu telah bersusah payah membantu Pemkab untuk melakukan pemulangan.

Dan kalau memang Bupati Asahan tak bersedia memberi uang jasa sebagai bentuk terimakasih kepada mereka tak apa. Tapi apa yang hak mereka ganti dan kembalikan,”ujarnya. "Janganlah kita menjadi orang yang dzolim terhadap sesama. Apalagi sebagai pemimpin harus bisa menggunakan hati dan perasaan ",ungkap Ustadz Budi.



Begitu juga dengan Ketua Pemuda Muhammadiyah Asahan, Fahri Mirzan Harsono (foto). Menurutnya, kalau memang ada yang dijanjikan segera penuhi janji tersebut.

Kalau memang itu memang terjadi selesaikan secepatnya dengan bijaksana. Karena, katanya jangan sampai keberhasilan Pemkab melakukan pemulangan itu tercederai hanya karena persoalan kecil. "Ini mungkin hanya misscomunikasi saja antara Pemkab Asahan dan para pengurus itu. Kalau bisa diselesaikan dengan cara baik –baik,"ujar Fahri.

Seperti diketahui, Bupati Asahan, H. Surya BSc, dituding telah menipu  beberapa orang pengurus pemulangan TKI dari Malaysia. Mereka mengaku kecewa dengan sikap pemimpin Asahan itu yang terkesan tak peduli. Pasalnya, setelah terjadi pemulangan para TKI beberapa waktu lalu mereka terkesan diabaikan. Uang honor tanda terimakasih yang sempat dijanjikan kepada mereka tak ada diberikan.

Bahkan, uang  pribadi mereka yang sempat terpakai  untuk membantu proses pemulangan tidak dibayar. Anehnya, saat salah seorang dari pengurus pemulangan TKI itu mempertanyakan soal uang mereka tak dihiraukan. (Arnes Arbain Abdullah)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: