Dihadiri Bupati Karo, Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS Sosialisasikan 4 Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Share it:


Karo, JournalisNews.com - Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Indonesia Dapil Sumut III Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS mensosialisasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kepada lapisan masyarakat di Museum Pahlawan Nasional Letjend Djamin Ginting Desa Suka Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo. Senin, (20/7/2020).

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Bupati Simalungun JR Saragih, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Anggota DPRDSU Anwar Sani Tarigan, Tokoh Agama serta lapisan masyarakat.

Adapun 4 pilar yang disosialisasikan berupa Pancasila, UUD 1945, Bhinneka tunggal Ika dan NKRI. dalam paparannya saat ini keutuhan bangsa Indonesia sedang terancam. Oleh karena itu, empat pilar harus tetap hidup dan ada dalam sanubari rakyat Indonesia.

Sebab 4 pilar itu, merupakan warisan dasar bangsa Indonesia yang menjadi kesepakatan bersama untuk mengikat keutuhan bangsa dari ancaman kehancuran dan perpecahan.

Menurut Djarot, dirinya hadir dalam mensosialisasikan empat pilar Kebangsaan, bukan atas nama Ketua PDI Perjuangan, namun demikian PDI Perjuangan tetap konsisten tegak lurus dalam Ideologi Negara pancasila. Tuturnya.

Di zaman era pertarungan ideologi saat ini, fundalisme suatu agama sangat berperan, sehingga munculnya ateisme, tentu sangat bertentangan dengan ideologi negara RI, Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Ungkapnya

Lantaran hal ini, perlu sosialisasi dengan men-manfaatkan media sosial, kesekolah sekolah sebagai tumpuan generasi penerus bangsa, agar paham empat pilar nilai nilai yang terkandung didalamnya, dapat  ter-implementasikan setiap gerak kehidupan sehari hari ditengah masyarakat. Jelasnya.

Disisi lain, disamping  sosialisasi, Djarot mengaku ada menampung aspirasi dari masyarakat terkait harga komoditi pertanian disaat masa  pandemi turun harga  akibat pergerakan ekonomi lesu, tentu aspirasi ini segera kita teruskan ke teman teman di DPR RI dan kementerian terkait. solusi ini, sudah kita sampaikan dan tetap diperjuangkan. Katanya.

Sambungnya, praktek nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti menolong tetangga, bergotong royong, serta menghormati perbedaan suku dan agama. Tandasnya .

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, mengapreisasi kegiatan sosialisasi 4 pilar Kebangsaan tersebut, akan tetapi benar-benar menjadi praktik perilaku sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Terkelin  meminta, semua pihak untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan, supaya tidak tergerus pola pikir salah dalam praktik kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat. Pintanya

Senada dikatakan bupati Simalungun DR JR Saragih, SH, MH dan Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa dari perspektif 4 pilar Kebangsaan, harus dibumikan kembali. Ucapnya 4 pilar Itu, merupakan warisan dasar bangsa Indonesia yang menjadi kesepakatan bersama untuk mengikat keutuhan bangsa dari ancaman kehancuran dan perpecahaan. (Charles Sitanggang)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: