Bupati Sergai Apresiasi Budaya Gotong Royong Masyarakat Sei Bamban

Share it:


Serdang Bedagai, JournalisNews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) mengatakan, merasa semangat melihat adanya masyarakat saling bahu membahu, bergotong royong dengan penuh ikhlas. Oleh karena itu, sambung Bupati, sudah sepantasnya hal ini mendapat apresiasi khususnya kepada warga Dusun Panglong dan Dusun Si Ria-ria yang tetap memegang teguh budaya gotong-royong demi mewujudkan tujuan bersama. 

Tak lupa juga Bupati menyampaikan terima kasih kepada pihak PTPN III Kebun Rambutan yang telah mengizinkan warga membuka saluran irigasi non permanen melintasi areal perkebunan. Hal tersebut disampaikan Bupati saat melihat masyarakat bergotong-royong di Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban di Areal Afdeling VII Blok 4 PTPN III Kebun Rambutan, Rabu (29/7/2020). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten, Kepala OPD, Camat Sei Bamban Juniar Marolop Gultom SH, Tokoh masyarakat, Perwakilan PTPN III Kebun Rambutan dan warga Dusun Panglong bersama warga Dusun Siria-ria Desa Sei Bamban. 

Dikesempatan itu juga, Bupati mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan tanaman milik perkebunan sekaligus menjadi penjaga sawit yang ada di areal perkebunan, sehingga terjadi simbiosis mutualisme yang sama-sama saling menguntungkan.

Disampaikan Bupati, kebersamaan yang ditunjukkan warga Dusun Panglong dan Dusun Siria-ria sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa, budaya gotong-royong masih terpelihara baik di desa ini dan harus tetap kita jaga serta ditingkatkan untuk ke depannya," pintanya. 

Sedangkan terkait dengan hal-hal yang disampaikan oleh masyarakat langsung kepada Bupati, seluruhnya akan segera ditindaklanjuti dan hari ini juga memerintahkan kepada OPD terkait untuk segera menindaklanjuti dengan segera, seperti bantuan alat berat untuk perluasan lahan serta pembangunan infrastruktur jalan, irigasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Bupati berharap, semua hal-hal yang disampaikan sebelumnya telah dibahas dalam Musrenbang tingkat Desa dan Kecamatan, sehingga akan lebih memudahkan bagi pemerintah daerah untuk segera direalisasikan seperti yang harapan masyarakat. 

Sebelumnya, Pandiangan, tokoh masyarakat Desa Sei Bamban yang juga sebagai tokoh masyarakat sekaligus salah seorang yang berperan dalam pemekaran Kabupaten Sergai dari Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah berkenan menghadiri kegiatan gotong-royong. 

Kehadiran Bupati lanjutnya, memberikan motivasi kepada warga untuk mewujudkan saluran irigasi dengan tetap saling bekerja sama dan bahu membahu demi mewujudkan tujuan bersama.

Dijelaskan Pandiangan, tali air yang ada di perkebunan sebelumnya sempit dan dangkal serta tidak diberi izin oleh pihak perkebunan untuk dilakukan gotong royong sebagai solusi atas kesulitan petani mendaptkan air untuk mangairi lahan pertanian milik masyarakat. Kemudian hal ini ditindaklanjuti dengan surat Camat serta bantuan Bupati Sergai yang menghubungi langsung pihak direksi PTPN III Kebun Rambutan, akhirnya masyarakat diberikan izin untuk tali air tersebut dimanfaatkan oleh petani dengan memperlebar tali air menjadi 2,5 meter serta dilakukan pendalaman seperti yang kami lakukan hari ini. 




Kami atas nama masyarakat dua Desa, membuat warga 5 dusun di Sei Bamban ini mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajaran atas bantuan yang telah diberikan. Ditambah lagi dengan pernyataan Bupati untuk memberikan bantuan kepada petani guna keperluan perluasan lahan dan pembangunan infrastruktur jalan serta pendukung lainnya. Sebab memang aspirasi yang kami sampaikan hari ini adalah keperluan yang kami rasa pokok seperti perbaikan irigasi, infrastruktur jalan, serta sarana pendukung lainnya," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan Pandiangan, masyarakat percaya pemimpin daerah kita adalah pemimpin yang bijak dan amanah. Untuk itu kami akan terus mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten yang sudah mampu berdiri sendiri dari kabupaten induknya dan budaya gotong royong ini akan terus kami jaga dan lestarikan," tuturnya. (Alfian Haris)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: