Bupati Karo : Masyarakat Tidak Menggunakan Masker, Rentan Penyebar Sumber Penyakit Covid-19

Share it:


Karo, JournalisNews.com - Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH, bersama  Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Sik, Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba, memantau penertiban pendisplinan protokol kesehatan yang dilakukan oleh tim gabungan TNI /Polri, Satpol PP,  dan unsur dari Dishub di  Kab. Karo, Kamis (09/07/2020) pukul 13.30 WIB di terminal Kabanjahe

Pemantauan ini, memastikan terminal sebagai tempat, menaik turunkan penumpang antar Kota dan antar Kabupaten, untuk dicek kesiapan pengemudi dan penumpang dalam displin protokol kesehatan. Ujar ketua Gugus GTPP Covid-19 Terkelin Brahmana, di sela sela berdialog dengan seorang supir Bus Sinabung.

Ditegaskan Terkelin, disini peran supir, untuk menyampaikan himbauan kepada penumpang, sebelum menaiki kendaraan, artinya berikan edukasi, pemahaman, bagi penumpang yang tidak menggunakan masker, diharap memakai kembali.

Alasan, yang tidak menggunakan masker rentan penyebaran sumber penyakit Covid-19. Jangan membuat resah yang sudah patuh mengikuti protokol kesehatan, sedangkan  penumpang minim kesadarannya, menjadi sumber penyakit. Ucapnya.

Pun begitu, ini juga tugas dari tim pendisplinan dan OPD terkait, suarakan kalimat dan narasi tersebut. Kalau perlu sambil keliling umumkan memakai alat pengeras suara (toa) agar masyarakat paham dan tahu. Terlebih saat berkunjung ke pusat pasar dan ke terminal saat bepergian, bertemu dengan tim displin  tidak merasa malu dan sakit hati, ketika ditegor. Terangnya.

Untuk itu, OPD terkait dalam hal ini Dishub, lakukan penambahan tempat tempat cuci tangan, penyiapan hand sanitizer dan kordinasikan dengan Disperindag agar setiap kios maupun toko semua menyediakan tersebut, termasuk masker. Sebut Terkelin.

Ketua Tim Pengawas Pendisplinan Protokol Covid-19, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara mengatakan, supaya apa yang disarankan oleh pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, para supir dan penumpang tetap ikuti kedisplinan protokol. Ujarnya.

Disamping itu, Taufik mengaku sudah menempatkan tim pendisplinan  personil gabungan yang setiap hari memantau aktifitas diterminal, tujuannya memberikan edukasi, advokasi dan motivasi pentingnya kesehatan dan keselamatan. Jelasnya.

Sementara Kadishub Gelora Fajar Purba SH, SSTP, menyatakan sudah berulang kali menghimbau kepada supir melalui mandor agar selalu mengedepankan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker saat perjalanan ke luar daerah. Ujarnya.

"Disinggung titik titik penempatan penambahan cuci tangan, Gelora mengaku di setiap jenis armada di terminal saat beroperasi semua dekat dengan tong cuci tangan tidak jauh dan sangat terjangkau baik supir dan penumpang. Imbuhnya. (Charles Sitanggang)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: