Bupati Buka Pelatihan Ketua Dasa Wisma Se-Kabupaten Sergai Tahun 2020

Share it:


Sei Rampah, JournalisNews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman membuka Pelatihan Ketua Dasa Wisma se-Kabupaten Sergai Tahun 2020 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Selasa (28/7/2020)

Kegiatan tersebut dihadiri, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DPC GOPTKI Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, narasumber dari Perwakilan PKK Provsu serta Ketua Dasa Wisma se-Sergai.

Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh kader PKK, khususnya Dasa Wisma atas terselenggaranya kegiatan bertema positif.

Menyinggung “Mars PKK” yang menjabarkan tujuan PKK antara lain, menggalakkan koperasi, meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan, serta budaya gotong royong. Untuk koperasi, saat ini masih harus bekerja keras dalam meningkatkan pertumbuhan koperasi yang sehat. Masih banyak koperasi yang pengelolaannya stagnan dan kurang berkembang.

Untuk itu diharapkan kepada kader Dasa Wisma untuk memberikan inovasi agar koperasi yang ada dapat lebih berkembang untuk peningkatan kesejahteraan keluarga pada khususnya dan masyarakat desa pada umumnya," ungkap Bupati.

Selanjutnya pada sisi lingkungan, Bupati meminta, agar kader Dasa Wisma dapat menjadi duta peduli lingkungan dimulai dari diri sendiri dan keluarga, antara lain dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai, agar terjaga kelestarian sungai.

Kemudian yang terakhir adalah budaya gotong royong yang saat ini sudah semakin menipis. Untuk itu peran kader Dasa Wisma sangat dibutuhkan agar dapat kembali menggalakkan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam  keluarga, sehingga setiap pekerjaan dapat diselesaikan secara bersama-sama agar lebih ringan dan semua ikut berperan serta demi pembangunan daerah," tuturnya.

Terakhir dalam menghadapi gelaran Pilkada serentak tahun ini, Bupati mengajak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, meski masing-masing punya pilihan berbeda. ASN dan TNI/Polri wajib menjaga netralitas, lalu para kader di desa juga mesti menjadi penyejuk, sehingga mampu meredam provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Jangan menjadi kompor yang memanaskan, namun jadilah kulkas yang menyejukkan," pintanya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman mengatakan, kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesejahteraan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama.

Untuk itu, kita semua yang tergabung dalam wadah organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator serta dinamisator pembangunan," ujarnya.

Ditambahkan Hj. Marliah, tujuan adanya kelompok Dasa Wisma yaitu, untuk membantu kelancaran tugas-tugas pokok TP PKK Desa dan Kelurahan sebagai kelompok terkecil dari PKK yang memiliki peran strategis mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.




Dengan pelatihan ini, diharapkan kader Dasa Wisma akan semakin mudah berkoordinasi dalam suatu jaringan, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat, cepat dan akurat dalam menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan serta mengirimkan data sebagai informasi dari tingkat bawah hingga ke tingkat pusat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Deny R. Suganda menyebutkan, tujuan kegiatan Pelatihan Ketua Kelompok Dasa Wisma se-Sergai hari ini yaitu, agar terlatihnya kader-kader Dasa Wisma dalam menata kelembagaan kelompok Dasa Wisma, terbinanya kader Dasa Wisma dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK serta agar kader mampu dalam pengelolaan data-data administrasi kelompok Dada Wisma," terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Peserta kegiatan berjumlah 120 orang dan terkait mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, pelaksanaan kegiatan dibagi dalam dua lokasi yaitu, di Aula Sultan Serdang dan Aula Tengku Rizal Nurdin. Semua peserta diwajibkan memakai masker serta mencuci tangan. (Alfian Haris)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: