Anggaran Tak Ada, Ratusan Warga Asahan Yang Masih Menunggu Penjemputan Dari Malaysia Terancam Tak Pulang

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com – Sebanyak ratusan TKI warga Asahan yang saat ini  masih berada di Malaysia terancam tak bisa pulang. Pasalnya, Pemkab Asahan tidak akan melakukan pemulangan berikutnya.

Apalagi, proses penjemputan yang dilakukan beberapa waktu lalu  telah selesai. Pemkab Asahan tidak ada rencana untuk melakukan pemulangan kembali. Padahal ratusan warga Asahan yang masih menunggu penjemputan gelombang berikutnya sudah  didata oleh Pemkab Asahan. Kondisi mereka sudah sangat prihatin dalam penantian tersebut. "Tolonglah kami Bang, bagaimana nasib kami ini tak bisa pulang kampung. Apa gak ada lagi penjemputan dilakukan Bupati Kita ",ungkap Iwan salah seorang warga Asahan melalui seluler.

Menurutnya, saat ini masih banyak warga Asahan menunggu penjemputan berikutnya. Mereka sudah tidak berkatifitas dan sulit untuk makan. Sementara itu, Kordinator pengurus pemulangan TKI dari Malaysia yang ditugaskan Pemkab Asahan merasa kecewa. Menurutnya, Pemkab Asahan telah memberikan janji palsu.

Pasalnya, kata dia, saat itu Pemkab Asahan menugaskan untuk mendata sebanyak -banyaknya warga Asahan yang terperangkap lock down di Malaysia. Hingga akhirnya terdata  warga Asahan sebanyak 1025 orang.





Jumlah warga Asahan yang telah berhasil di data tersebut diserahkan kepada Pemkab Asahan melalui staf Dinas Tenaga Kerja. Rencananya warga Asahan yang telah didata itu akan dipulangkan dengan beberapa tahap. "Ya udahlah jumlah warga Asahan yang telah terdata itu akan kita pulangkan. Tapi pemulangannya tidak sekaligus dan bertahap, "ujar Indra menirukan ucapan staf Dinas Tenaga Kerja Asahan itu.

Secara terpisah Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar S. Sos ketika dikonfirmasi soal penjemputan TKI tersebut mengatakan Pemkab Asahan tidak ada melakukan pemulangan lagi. "Yang jelas tidak ada pemulangan berikutnya lagi. Karena dana untuk pemulangan itu tidak ada anggarannya lagi",ungkap Hidayat. "Yang jelas Pemkab Asahan tak pernah berjanji akan melakukan pemulangan lagi ",tambahnya.

Menurutnya, Pemkab Asahan melakukan pemulangan para TKI dari Malaysia sesuai anggaran yang ditampung dalam APBD Asahan. Pihak Pemkab Asahan hanya sekali saja membantu pemulangan ratusan para TKI dari Malaysia.

Soalnya, Pemkab Asahan hanya menganggarkan dana untuk pemulangan sebanyak 210 orang beberapa waktu lalu. "Yah tidak ada dananya, anggaran yang ada tidak memungkinkan bro. Makanya gak ada lagi pemulangan berikutnya,"jelas Hidayat. (Arnes Arbain Abdullah)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: